Ketahui Pertolongan Pertama Pada Cedera Olahraga

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Beberapa aktivitas yang dilakukan dapat berpotensi memberi cedera pada bagian tubuh tertentu. Otot, tulang, bahkan sendi bisa mengalami cedera. Cedera dapat disembuhkan jika mendapat pertolongan pertama dan rehabilitasi medik yang baik.

Aktivitas seperti olahraga baik ringan hingga berat memberi potensi cedera pada seseorang. Cedera yang seperti ini tak hanya dialami oleh atlet saja, namun orang awam pun dapat mengalaminya.

“Karena, olahraga kan bukan hanya milik atlet saja. Sebenarnya non atlet pun juga punya kelas olahraganya sendiri. Cedera juga dapat terjadi pada mereka,” kata dr. Dyah Intania Sari, Sp.KFR, Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik RS Al Irsyad Surabaya.

Kemudian, untuk cedera olahraga yang umum terjadi ada beberapa macam. Menurut dr. Dyah, yang paling sering adalah keseleo. Dalam dunia medis, keseleo disebut dengan ankle sprain. Keseleo pun tidak selalu menyerang orang yang sedang berolahraga, orang yang berjalan santai pun dapat terkena.

“Saya sering dapati pasien keseleo dari anak sekolahan, remaja, usia-usia produktif bahkan lansia,” imbuhnya.

Selain keseleo, cedera juga dapat terjadi pada lutut, bahu, leher, dan bagian-bagian tubuh lainnya. “Hampir satu badan itu bisa alami cedera,” tuturnya.

Cedera yang terjadi ini seringkali diremehkan oleh penderitanya. Padahal, ini sangatlah berbahaya jika dibiarkan dan tidak segera ditangani. “Pada kasus keseleo, ini cedera yang bisa berulang. Jika ini terjadi segera lakukan RICE (Rest, Ice, Compression, Elevated),” jelas dr. Dyah saat gelar wicara dengan Suaramuslimnet, Jumat (29/11).

Metode pertolongan pertama ini, dilakukan dengan mengistirahatkan bagian yang cedera, dikompres dingin, dilakukan kompresi, dan dimobilisasi.

Dipaparkan kembali oleh Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik tersebut, cedera seperti keselo ini bisa berulang karena ada kemungkinan ligamen tersebut molor atau tertarik, kendor atau sedikit sobek. “Sensasi rasa sakitnya pun berbeda-beda,” ujarnya.

Cedera keseleo pada pergelangan kaki ini akan sangat tidak menguntungkan penderitanya ketika memasuki usia lanjut. Maka dari itu, keseleo harus ditangani dan dirawat dengan benar hingga sembuh.

“Kalau cedera ini dibiarkan hingga usia lanjut bisa berefek ke lutut. Misalnya saja, nyeri lutut. Karena, adanya perubahan biomekanika pada kaki,” terang dr. Dyah.

Cedera yang awalnya hanya di pergelangan kaki saja, jika dibiarkan dapat menjalar dan memberi efek ke seluruh tubuh. Pada saat pertolongan pertama dilakukan dengan metode di atas, namun penderita merasakan nyeri yang hebat hingga tidak dapat berjalan, ini dapat menjadi pertanda serius. Dan, Dr. Dyah menyarankan agar orang tersebut segera diperiksakan di klinik atau RS terdekat.(ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat