Ketahui Penyebab Janin Cegukan Ketika Masih dalam Kandungan

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Tak hanya menendang, ternyata bayi juga bisa cegukan di dalam kandungan. Saat bayi cegukan, kebanyakan ibu pun kerap menganggap itu sebagai tendangan. Tapi sebenarnya, apa penyebab bayi mengalami cegukan dalam kandungan?

Cegukan pada bayi dalam kandungan biasanya terjadi di akhir trimester pertama atau awal trimester kedua. Ibu hamil akan bisa merasakan cegukan ini beberapa kali sehari atau hanya sesekali. Rasanya seperti gerakan kecil yang berirama.

Sama seperti tendangan janin, cegukan bisa menjadi pertanda baik. Artinya, bayi aktif berkembang di dalam janin.

Cegukan bayi akan jarang terjadi ketika ibu hamil memasuki minggu ke-32 masa kehamilan, dan merupakan refleks normal. Akan tetapi, para ibu juga perlu waspada jika cegukan justru terjadi sebaliknya, yakni terus-menerus dan berlangsung selama 15 menit atau terjadi tiga kali, bahkan lebih dalam sehari.

Jika terjadi sering dan terus-menerus, terutama di akhir kehamilan, maka hal ini bisa menandakan ada masalah di tali pusat bayi.

Berikut ini beberapa sebab bayi cegukan dalam kandungan, dilansir dari CNN:

Refleks bayi

Ternyata selain bernapas, bayi di dalam kandungan akan berlatih menyusu dengan mengisap jempol dan menguap. Semua kemampuan ini juga bisa menyebabkan cegukan pada janin.

Sistem pernapasan bayi

Kemampuan bayi untuk cegukan dengan menghirup dan mengeluarkan cairan ketuban adalah pertanda baik. Artinya, diafragma bayi berkembang dengan baik.

Proses ini sebenarnya di mulai sekitar minggu ke-10. Ibu hamil kemungkinan tidak akan benar-benar merasakan cegukan janin selama beberapa bulan ke depannya.

Sistem saraf bayi

Cegukan janin dalam kandungan ternyata juga dapat menunjukkan aktivasi saraf yang mengontrol diafragma. Ini membantu untuk memastikan bahwa otak dan sumsum tulang belakang sedang melakukan tugasnya.

Dengan kata lain, cegukan janin menandakan bahwa bayi cukup berkembang secara neurologis untuk bertahan hidup di luar rahim.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat