Ketahui Penyebab Gigi Sensitif yang Sering Bikin Ngilu

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Gigi sensitif dapat terjadi bila seseorang lalai dalam merawat kesehetan gigi. Munculnya rasa nyeri dan ngilu dapat dirasakan apabila mendapat rangsangan dari minuman yang dingin.

Gigi sensitif dapat terjadi dalam jangka waktu yang panjang atau hanya sekejap, baik pada satu maupun beberapa gigi. Kebiasaan menyantap makanan yang panas dan minuman dingin menjadi salah satu penyebab yang rentan mengalami gigi sensitif.

Menurut Dokter Spesialis Konservasi Gigi, drg. Nirawati Pribadi, M.Kes. Sp.KG (K) mengatakan bahwa seseorang yang tidak merawat gigi dengan benar dan rutin maka lambat laun lapisan enamel atau email pada gigi dapat terkikis sehingga gigi menjadi sensitif.

“Jika lapisan email atau enamel pada gigi itu habis karena terus terkikis, akhirnya gigi jadi sensitif dan sering ngilu,” ujar drg. Nirawati yang bekerja di Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya.

Dokter Nirawati menambahkan, penggunaan sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar dan menyikatnya terlalu kuat dan keras juga dapat menyebabkan gigi menjadi sensitive. Hal itu akan menimbulkan karang gigi yang lama kelamaan akan mengeras sehingga mendorong gusi semakin ke bawah dan menyebabkan gigi lebih mudah goyah dan sensitif.

“Ketika menyikat gigi itu harus hati-hati dan sesuai prosedur jangan asal, jangan terlalu keras biar gigi tidak rusak,” tambahnya.

Gigi sensitif dapat terjadi pada siapa saja, namun yang paling sering mengalami adalah ibu hamil dan orang lanjut usia. Hal itu karena rentan terhadap bakteri penyebab masalah kesehatan gigi dan mulut yang memicu penumpukan plak, sehingga menyebabkan gusi bengkak dan meradang.

Dalam mengatasi gigi sensitif, Dokter Nirawati menyarankan agar pasien merawat gigi dengan benar dan dilakukan secara rutin. Misalnya memilih pasta gigi dengan formula khusus untuk gigi sensitif, dan sikat sebaiknya memilih yang halus.

“Sikat gigi yang benar lalu rutin, misalkan menyikat gigi yang samping dan depan itu jangan kasar namun satu arah dibuang ke atas, jangan lupa ganti sikat gigi satu bulan sekali, jangan dibiarkan terlalu lama, bakteri itu cepat berkumpul,” terangnya.

Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang panas kemudian meminum minuman yang dingin karena akan menyebabkan gigi sensitif semakin berlanjut.

Bila gigi sensitif tak kunjung reda, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis gigi, sehingga akan dicari tahu lebih dalam terkait penyebab gigi sering ngilu kemudian dapat diebrikan penanganan dan perawatan yang sesuai. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat