Ketahui Penyebab dari Mata Kering

Rs-alirsyadsurabaya.co.id- Mata kering dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata yang memproduksi sedikit cairan. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan mata kering bisa tejadi, salah satunya berasal dari lingkungan.

Mata membutuhkan lapisan air mata sebagai pelican sekaligus pemberi kelembapan agar penglihatan tetap optimal. Bila kualitas air mata berkurang maka dapat berisiko menimbulkan iritasi dan peradangan pada jaringan anterior.

Gejala yang dapat terjadi bila mata tak mendapatkan cukup cairan, adalah timbul rasa yang mengganjal, gatal, kemerahan, pandangan kabur, atau sensitif terhadap cahaya, bahkan berair.

Menurut Dokter Spesialis Mata, dr. Dianawati Koesoemowardani, Sp.M, mengungkapkan bahwa mata kering bisa disebabkan oleh penguapan yang terlalu berlebihan dan produksi berkurang. Penguapan ini disebabkan oleh kondisi lingkungan yang berangin, atau udara kering.

“Dry eyes atau mata kering bisa disebabkan karena penguapan berlebih dan produksi berkurang. Penguapan lebih bisa disebabkan lingkungan berangin, udara kering atau bisa disebabkan frekuensi berkedip kurang sedangkan produksi berkurang dapat disebabkan karena faktor usia, biasanya wanita sudah memasuki masa menopause,” jelas Dokter Spesialis Mata di Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya.

Selain itu, dr. Diana juga menambahkan, penyebab lain dari mata kering adalah kerusakan kelenjar air mata, padahal kelenjar pada mata ini merupakan bagian dari air mata. Misalkan rusak akibat trauma kimia atau bisa juga terjadi pada penderita Steven Johnson.

“Atau kerusakan kelenjar air mata dan kelenjar pada mata yang merupakan bagian dari air mata, misal karena trauma kimia, atau misal pada penderuta Steven Johnson,” lanjutnya.

Penderita Steven Johnson adalah kelainan serius pada kulit dengan adaya lapisan bola mata dalam mulut, dubur dan alat kelamin. Salah satu gejala dari penyakit ini adalah mata terasa panas dan kering.

Tak hanya itu, beberapa tindakan operasi pada mata juga menjadi penyebab terjadinya mata kering ini, meskipun sifatnya hanya sementara. Efek samping dari beberapa obat juga dapat mempengaruhinya.

“Beberapa tindakan operasi pada mata juga bisa menimbulkan keluhan mata kering walaupun sifatnya sementara seperti operasi katarak atau lasik. Serta beberapa obat juga bisa mempengaruhi atau menimbulkan mata kering,” terangnya.

Sindrom mata kering ini bisa menjadi salah satu indikasi penyakit seperti lupus, efek samping penggunaan obat-obatan seperti antihistamin dan antidepresan, proses penuaan dan memasuki usia menopause pada wanita.

Bila hal ini terjadi maka disarankan untuk segera melakukan diagnosa atau konsultasikan kepada dokter yang ahli dibidangnya. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat