Ketahui Mitos dan Fakta Terkait Varian Omicron, Jangan Sampai Termakan HOAX

Virus Covid-19 varian Omicron kini sudah tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Sampai dengan saat ini, Omicron sudah menyebabkan ribuan masyarakat Indonesia terinfeksi.

Penyebaran varian Omicron ini juga terbilang sangat cepat yang dapat dilihat dari kasus perharinya. Selain itu, Omicron juga tidak hanya menyasar ke orang dewasa, tetapi juga dapat menginfeksi anak-anak.

Sejalan dengan lonjakan kasus penularan varian Omicron di dalam negeri, banyak beredar informasi simpang siur dan HOAX seputar varian tersebut. Pemahaman yang salah tentang Omicron bisa berbahaya karena berpotensi menghambat upaya memutus penyebaran Covid-19.

Dan juga, sampai saat ini masih banyak yang menganggap remeh dan menyepelekan Omicron, terlebih banyak juga mitos-mitos bertebaran dan dipercayai oleh masyarakat. Karena itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia membeberkan sejumlah mitos dan fakta Omicron demi meluruskan kesalahpahaman informasi di tengah masyarakat. Apa sajakah itu?

MITOS: Omicron hanya menimbulkan gejala ringan

FAKTA: Meskipun penyebarannya lebih cepat, gejala Omicron tidak separah varian Covid-19 sebelumnya. Tapi bagi lansia, orang yang memiliki komorbid, dan orang yang belum divaksinasi tetap berpotensi mengalami kematian.

MITOS: Vaksin tak mempan lumpuhkan Omicron

FAKTA: Vaksin menjadi proteksi terbaik melawan Omicron. Data menunjukkan 60 persen pasien Omicron di Indonesia yang meninggal belum pernah di vaksin sama sekali.

 MITOS: Orang yang belum divaksinasi tidak akan bergejala parah akibat Omicron

FAKTA: Orang yang belum divaksinasi justru yang paling rentan tertular Omicron. Pasien Omicron di Rumah Sakit kebanyakan adalah yang belum di vaksin.

MITOS: Omicron tak bisa menginfeksi orang yang sebelumnya sudah terkena Covid-19

FAKTA: Orang yang pernah positif Covid-19 juga bisa terkena Omicron. Vaksin sangat dianjurkan untuk menghindari gejala parah.

MITOS: Penggunaan masker tak bisa cegah penularan Omicron

FAKTA: Pencegahan terbaik dari tertular Omicron adalah disiplin protokol kesehatan, termasuk memakai masker, mencuci tangan dan mengurangi mobilitas serta melakukan vaksinasi.

Itulah sejumlah mitos dan fakta mengenai Omicron yang perlu kita ketahui bersama. Bijaklah dalam mencerna informasi dan jangan sampai termakan HOAX, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam memahami varian Omicron ini. Dan jangan lupa untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak mudah tertular Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat