Ketahui Manfaat Prenatal Gentle Yoga untuk Ibu Hamil

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Untuk menjawab kebutuhan para ibu hamil yang ingin melahirkan secara gentle birth, RS Al Irsyad membuat kelas khusus prenatal gentle yoga bagi para ibu hamil. Lalu, apa manfaat dari yoga ini? Mari kita simak ulasannya.

Berbagai manfaat dari mengikuti prenatal yoga sebenarnya tidak hanya diperuntukkan untuk proses kelahiran saja, namun juga saat kehamilan.

“Jadi sebenarnya manfaat yoga itu sendiri sangat banyak,” ungkap Lailatus Sa‘ada’, Amd.Keb, yang merupakan bidan, sekaligus instruktur prenatal yoga tersertifikasi di RS Al-Irsyad.

Lala, sapaan akrab instruktur tersertifikasi Fasilitator Prenatal Yoga ini menyebutkan berbagai manfaat yoga saat sebelum masa kelahiran (prenatal).

Yoga, ia sebut sebagai cara yang baik untuk membentuk postur tubuh. Berbagai posisi yoga menyehatkan berbagai organ dan membentuk otot-otot yang panjang dan langsing, dan ini secara otomatis membuat tubuh menjadi tetap bugar. Selanjutnya, manfaat lain melakukan prenatal yoga, antara lain:

Membantu Rileksasi

Teknik pernapasan dalam yoga yang disebut pranayama membantu mengendalikan pernapasan dan pikiran. Pranayama membuat seluruh sistem tubuh terasa lebih sehat. Sistem pernapasan dan saraf menjadi lebih tenang dan kuat, dan seluruh sel menerima kekuatan hidup dan makanan dari pernapasan. 

Latihan pranayama yang dilakukan dengan tepat, dikatakan dapat memberikan manfaat penyembuhan. Energi vital dari tubuh menjadi seimbang dan diisi kembali. “Kelelahan berkurang, pikiran dan emosi menjadi lebih tenang,” imbuh Lala.

Teknik rileksasi alam sadar secara sistematis membimbing ibu hamil ke dalam keadaan rileks yang mendalam. Begitu suara-suara dalam pikiran menghilang, tubuh akan mampu untuk melepaskan tegangan otot.

Ketika tubuh mulai santai, napas menjadi lebih lambat dan dalam, sehingga sistem pernapasan dapat beristirahat. Napas yang lambat dan dalam mendorong relaksasi dan ketenangan, sedangkan napas yang terburu-buru dan pendek akan menyebabkan kekhawatiran.

Begitu ritme pernapasan melambat, detak jantung juga akan ikut menjadi lebih lambat. Hal ini memberikan pengaruh positif terhadap keseluruhan sistem sirkulasi, sehingga jantung dapat beristirahat dan mengalami proses peremajaan. 

Relaksasi ini juga berguna meningkatkan kualitas tidur. Sebab banyak ibu hamil yang merasa kesulitan untuk tidur, karena stres, aktivitas bayi atau hanya karena perut yang semakin membesar dan terasa kurang nyaman. Yoga membantu ibu untuk relaksasi yang ini juga dapat Anda gunakan untuk tidur nyenyak.

Percaya Diri dan Citra Tubuh

Yoga membantu mengembangkan rasa percaya diri yang positif, citra tubuh, dan pandangan terhadap diri sendiri yang lebih nyaman dan realistis. Hal ini terasa sangat dibutuhkan di dunia yang penuh dengan citra gadis-gadis model dan selebritis yang langsing, cantik, dan penuh riasan wajah.

Latihan yoga menciptakan keyakinan dan stabilitas fisik, mental, dan emosi. Terutama saat perut mulai membesar. Pikiran mulai mendengarkan kebutuhan tubuh dan menumbuhkan hubungan pikiran-tubuh. Kepercayaan diri dan keyakinan bertumbuh.

Suara dari dalam jiwa dibangunkan. Pengertian terhadap kondisi emosional menjadi bertambah dalam. Kebutuhan untuk mengatasi emosi dengan makan sebanyak-banyaknya atau malah membiarkan tubuh kelaparan. Kita akan mulai memberi respons terhadap isyarat-isyarat tersebut dan mulai mengonsumsi makanan bergizi ketika merasa lapar, dan ini akan memberi dampak positif bagi kesehatan secara keseluruhan.

Menyeimbangkan dan Menstabilkan Tubuh

Dengan melakukan yoga, otot-otot menjadi lebih kenyal, elastis dan sendi lebih mudah bergerak. Kumpulan otot bekerja menjadi satu tim, dimana ketika sebagian otot tegang dan memendek, maka otot yang lain lentur dan memanjang. Ketika menyeimbangkan tim otot lawan, maka sendi dan postur tubuh secara otomatis akan membaik.

Melatih posisi yang baik seperti ini selama masa kehamilan akan membantu posisi bayi semakin optimal. Selain itu, ibu kuat menyangga beban kehamilan dan menyangga kandung kemih serta usus besar. Semakin elastis otot dasar panggul, semakin mudah untuk menjalani proses kelahiran dan semakin cepat pula proses pemulihan pasca melahirkannya.

Memperbaiki Pola Napas 

Pola napas yang baik, sangat tergantung pada postur yang baik. Ketika panggul dan tulang belakang berada dalam posisi seimbang, di mana bahu rileks, maka rongga dada dapat memperluas kapasitasnya dengan mudah sehingga pernapasan tidak dibatasi. Hal ini menjamin oksigenasi yang baik pada bayi.

Mengurangi dan Menghilangkan Keluhan selama Masa Kehamilan

Ketika rutin melakukan yoga hingga menjadi terbiasa, maka kita akan menemukan gerakan-gerakan yang dapat meminimalkan bahkan menghilangkan ketidaknyamanan yang seringkali dirasakan selama masa kehamilan seperti hearthburn, nyeri di pinggul maupun tulang rusuk, dan kram di kaki, serta sakit kepala.

Yoga pada masa kehamilan juga membantu mengurangi/mengatasi ketidaknyamanan fisik selama kehamilan seperti morning sickness, sakit punggung, sakit pinggang, weak bladderheartburn, konstipasi/sembelit, dan sebagainya. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat