Ketahui Kondisi Tubuh Ibu Saat Tahap Pembukaan Proses Melahirkan

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Pembukaan saat melahirkan akan dialami ibu menjelang persalinan, yang menandakan bayi siap dilahirkan. Hal ini biasanya terjadi pada akhir trimester ketiga kehamilan.

Durasi waktu dari pembukaan satu ke pembukaan berikutnya bervariasi, dan tidak sama antara satu ibu dengan ibu lainnya. Oleh karena itu, setidaknya perlu ibu ketahui tentang pembukaan saat melahirkan.

Proses pembukaan ada yang memakan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari. Hal ini, seperti dikutip dari The Asian Parent Indonesia, bergantung pada kondisi tubuh ibu dan kemampuan tubuhnya untuk melebar, sebagai cara membuka jalan supaya bayi bisa keluar.

Pembukaan 1 cm, Waktunya Bersiap ke Rumah Sakit

Ibu perlu segera berkemas menyiapkan semua keperluan bayi dan ibu ketika ibu telah mengalami bukaan 1, karena ini berarti tubuh ibu telah siap untuk melahirkan. Namun, bukan berarti persalinan akan terjadi dalam waktu dekat.

Ibu bisa mengalami bukaan 1 hingga berminggu-minggu tanpa penambahan bukaan. Bahkan, ada pula yang tadinya masih bukaan 0, tetapi langsung melahirkan hari itu juga.

Robert Atlas, MD, seorang Spesialis Obgyn dari University of Maryland School of Medicine, mengatakan, bahwa setiap pasien memiliki kondisi yang berbeda.

Pembukaan saat melahirkan bisa terjadi lebih lama jika sedang mengandung anak pertama. Karena tubuh ibu perlu beradaptasi dengan tahapan awal persalinan.

Pembukaan 5 cm Diiringi Kontraksi

Saat mencapai bukaan 5 dan ibu mulai merasakan kontraksi, hal ini disebut sebagai tahap persalinan awal. dr. Atlas mengatakan, ini pertanda rahim ibu bersiap untuk melahirkan, karena kontraksi sendiri berguna membantu ibu mendorong bayi untuk keluar.

Kontraksi pada tahap ini cenderung ringan hingga sedang, dan datang beberapa menit sekali, sehingga ibu masih bisa menahannya. Biasanya ibu juga masih bisa melakukan aktivitas lain di antara kontraksi.

Bukaan 5 ini juga menandakan leher rahim sedang memanjang dan melembut, untuk memudahkan bayi meluncur keluar dari rahim ke vagina dan akhirnya lahir ke dunia. Namun, seperti sebelumnya, pada bukaan 5, belum berarti bayi akan segera lahir.

Pembukaan >5 cm, Proses Persalinan Mulai Aktif

Pada saat pembukaan sudah di atas 5, yakni mencapai 6 dan seterusnya, maka persalinan mulai aktif dan dokter akan mulai mendampingi ibu. Kondisi ini akan membuat bukaan selanjutnya terjadi jauh lebih cepat dibanding sebelumnya.

Kontraksi yang terjadi juga akan terasa lebih intens dan menyakitkan saat melebihi bukaan 5, karena leher rahim sedang bekerja untuk terbuka sepenuhnya.

Pembukaan 10 cm, Bukaan Sempurna

Kondisi bukaan 10 diangaap sebagai bukaan sempurna, karena pada kondisi ini berarti jalan lahir sudah lengkap, dan ibu siap untuk mendorong. Leher rahim telah memanjang dan uterus sudah berkontraksi penuh, untuk mendorong bayi keluar dari tubuh ibu dengan mengejan.

Bila saat bukaan sudah lengkap dan bayi tak kunjung keluar dalam waktu lama, biasanya juga akan dapat dilakukan tindakan intervensi medis untuk membuat bayi lahir lebih cepat. Seperti penggunaan forceps, vakum, episiotomi, ataupun caesar.

Atlas menekankan berulang kali, bahwa situasi setiap ibu berbeda-beda. Jadi, ibu harusnya tidak perlu cemas soal bukaan ini. Namun, yang sering dijumpai, pasien lebih sering mengalami kontraksi namun tidak ada bukaan sama sekali.

Dan sebaliknya, ada yang mengalami bukaan, namun tidak merasakan kontraksi sama sekali. Bahkan, ada yang tidak mengalami bukaan atau kontraksi namun bisa melahirkan dalam waktu cepat.

Jika saat ini sedang hamil dan menantikan proses persalinan dalam waktu dekat, ada baiknya ibu merilekskan pikiran, dan jangan stres memikirkan bukaan lahir, atau semacamnya. Kondisi setiap orang berbeda, ibu pun harus siap dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi saat persalinan nanti. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat