Ketahui Kiat Aman Berbelanja dan Mencuci Makanan Agar Terhindar Covid-19

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Berbelanja makanan dan bahan pokok merupakan salah satu aktivitas yang diizinkan dilakukan di luar rumah saat pandemi virus corona (Covid-19) saat ini. Dengan begitu, untuk menjaga jarak fisik tetap aman maka perlu memperhatikan beberapa hal agar terhindar dari penularan ketika berbelanja.

Ketika berbelanja kebutuhan pokok, tentu kita tidak bisa lepas dari pusat keramaian, yakni pasar atau swalayan. Untuk itu, kita tetap perlu waspada dan tetap menjaga jarak aman. Apalagi, sejumlah bahan makanan juga kemungkinan sudah disentuh oleh tangan orang lain.

Dengan demikian, untuk menjaga keselamatan diri, terdapat beberapa langkah agar tetap aman saat berbelanja sekaligus cara membersihkan makanan setelah berbelanja.

Persiapan

Sebelum memutuskan berbelanja, perlu dilakukan persiapan. Salah satu persiapan yang utama adalah mengecek kondisi kesehatan tubuh. Selain itu, lakukan tindakan pencegahan dengan mencuci tangan sebelum pergi dan membawa hand sanitizer, karena akan sulit menemukan air dan sabun saat berbelanja.

Kenakan pula pakaian berlengan panjang yang nyaman. Bawa pula kantong belanjaan Anda sendiri.

Hindari Transportasi Publik

Sebaiknya hindari menumpang tranportasi publik ketika berpergian. Gunakan kendaraan pribadi dan pilihlah lokasi belanja dengan jarak terdekat dan dengan jalur tercepat.

Jaga Jarak Fisik

Ketika tiba di pusat perbelanjaan, maka taati aturan untuk selalu menjaga jarak fisik sekitar dua meter dari orang lain. Tak lupa dengan selalu memperhatikan situasi di sekitar.

Jangan Menyentuh

Kurangi menyentuh benda yang tidak diperlukan. Sebab risiko virus menempel di benda tersebut cukup tinggi. Meski menurut Food Safety, virus corona tidak dapat tinggal dan bertahan pada makanan.

“Covid-19 adalah penyakit pernapasan. Dan tidak dapat ditularkan melalui paparan makanan ataupun kemasan makanan,” dikutip dari situs resmi Food Safety dilansir dari cnnindonesia.com.

Bila kebutuhan bahan makanan sudah terbeli, sebaiknya segera pulang ke rumah.

Bersihkan Kemasan

Setibanya di rumah, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan kemudian keluarkan makanan dari kemasan. Setelah itu, barulah bersihkan makanan dan simpan pada tempat yang seharusnya. Beberapa jenis makanan mesti disimpan di kulkas, sejumlah lain dapat disimpan di ruang terbuka.

Mencuci Makanan

Sebelum menyiapkan dan memasak bahan makanan, cuci kembali dengan air dingin yang mengalir. Jangan menggunakan sabun atau detergen, karena bahan kimianya dapat meresap dan bersifat toksik pada tubuh.

“Mencuci makanan akan menghilangkan bakteri dari permukaan buah dan sayur,” pernyataan resmi NHS, dikutip dari Independent.

Memasak

Ketika memasak sebaiknya masaklah daging dalam keadaan matang untuk membunuh bakteri dari virus. Sedangkan untuk sayuran, dapat disesuaikan untuk mendapatkan nutrisi yang terbaik. Makanan yang sudah disiapkan, aman untuk dikonsumsi. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum makan. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat