Ketahui Kelompok Orang yang Rentan Alami Komplikasi Flu Serius

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Musim hujan rentan membuat orang-orang terserang flu. Sebagian orang dapat sembuh dengan mudah jika memiliki imunitas yang baik. Namun, ada beberapa orang yang berisiko tinggi mengalami komplikasi flu karena menurunnya imunitas tubuh.

Penyakit flu berasal dari virus influenza. Epidemi virus ini dapat menyerang siapapun tanpa kecuali. Meski penularannya melalui virus, penyakit ini sebenarnya dapat sembuh dengan mudah jika memiliki imunitas yang baik.

Namun, menurut Prof. dr. Samsuridjal Dzauji, Sp.PD, ada beberapa kelompok orang yang sangat rentan terserang komplikasi penyakit ini. Kelompok orang tersebut di antaranya:

Memiliki Masalah Kesehatan Kronis dan Kekebalan Tubuh Rendah

Masalah-masalah kesehatan yang kronis akan menyebabkan imunitas tubuh menurun. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, melansir dari womansday, penyakit seperti asma, jantung, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), diabetes, gangguan darah, gangguan hati, dan penyakit kronis lain dapat meningkatkan risiko komplikasi flu.

“Ketika tubuh Anda mengalami masalah kesehatan kronis, sistem kekebalan tubuh sebenarnya sudah kelebihan beban,” kata dokter penyakit dalam di Texas Health Presbyterian Hospital Dallas, Donna Casey.

Komplikasi flu juga dapat terjadi jika Anda memiliki penyakit yang menyerang imunitas seperti HIV/AIDS atau leukimia. Komplikasi ini terjadi, menurut Casey, karena imunitas tubuh terbatas.

Berusia 50 Tahun ke Atas

Kelompok orang yang kedua adalah orang-orang lanjut usia. Seiring usia bertambah akan dibarengi dengan imunitas tubuh yang menurun. Hal ini dapat memungkinkan tubuh kesulitan melawan infeksi kuman, bakteri, maupun virus.

“Orang di usia lebih dari 50 tahun dapat mengembangkan komplikasi flu seperti, bronkitis, pneumonia, atau infeksi bakteri sekunder,” tandasnya. Maka dari itu, CDC menyarankan para lansia melakukan vaksin flu untuk mengurangi risiko komplikasi.

Bayi dan Balita

Pada kelompok bayi dan balita juga adalah kelompok yang berisiko terinfeksi komplikasi. Ini karena imunitas mereka masih dalam perkembangan, terutama pada balita yang berumur kurang dari 2 tahun. Jika mereka tak segera ditangani, maka flu dapat menyebabkan komplikasi serius. Untuk mengurangi risiko komplikasinya, maka orang tua bisa memberikan vaksinasi influenza bagi para balitanya.

Perempuan Hamil

Ketika masa kehamilan, tubuh perempuan pun mengalami perubahan imunitas. Perubahan ini juga membuat ibu hamil berisiko terserang komplikasi flu. Ibu hamil lebih sukar untuk sembuh dari flu, karena ia akan disarankan untuk tidak meminum obat apapun tanpa petunjuk dokter.

America Pregnancy Association mengungkap, jika flu pada ibu hamil tidak ditangani dengan tepat, maka dapat berujung pada keguguran janin, kelahiran prematur, dan berat lahir bayi rendah. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat