Ketahui Kehamilan dengan Memegang Perut, Begini Caranya

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Banyak cara mengetahui kehamilan pada seseorang. Mulai dari bantuan alat seperti test pack hingga tanda-tanda fisik yang terjadi pada tubuh. Salah satu cara lain untuk mengetahui kehamilan juga adalah dengan memegang perut.

Dalam buku “9 Bulan Dibuat Penuh Cinta Dibuai Penuh Harap” karangan dr. Irfan Rahmatullah, Sp.OG, kehamilan dapat mempengaruhi postur tubuh Ibu. Jika berat ibu agak kurus, maka mungkin hamil empat atau lima bulan perut sudah kelihatan mulai membuncit. Tapi jika sebelum hamil ibu sudah gemuk, mungkin enam bulan kehamilan baru perut mulai kelihatan membuncit.

Saat hamil, Bunda mungkin merasa ada perubahan di bagian perut. Pemeriksaan mandiri bisa dilakukan sebelum melakukan tes kehamilan dan ke dokter. Ada beberapa tanda pada perut yang bisa dirasakan dan bisa jadi indikasi seorang perempuan sedang hamil.

Perut seperti kembung saat ditekan

Di awal kehamilan, Bunda akan sulit membedakan perut kembung karena mirip tanda menstruasi. Kembung umumnya dirasakan banyak perempuan segera setelah mereka hamil dan perut akan terasa tidak nyaman dan kencang ketika ditekan.

Salah satu faktor utama yang berkontribusi memicu kembung selama hamil, yakni adanya peningkatan kadar progesteron. Progesteron merupakan hormon yang menyebabkan otot-otot di seluruh tubuh rileks, yang menyebabkan pencernaan melambat.

Perut terasa kram saat ditekan

Kram di awal kehamilan mirip dengan kram menstruasi, tetapi dapat juga terjadi pada perut bagian bawah. Kram ini dapat bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan selama kehamilan, Bunda.

Kram yang disertai bercak menjadi salah satu ciri-ciri hamil. Sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan, blastokista akan ditanamkan di endometrium atau lapisan rahim. Hal ini dapat menyebabkan pendarahan implantasi dan kram di perut.

Perut mulas saat ditekan

Hormon progesteron dapat menyebabkan gangguan pencernaan termasuk konstipasi atau sembelit. Perubahan hormonal pada awal kehamilan dapat menyebabkan kondisi ini.

Mual dan muntah saat perut ditekan

Mual dan muntah saat hamil bisa dipicu saat kita menekan perut.  Biasanya tanda ini semakin kuat ketika Bunda merasa mual dan ingin muntah saat mencium aroma tertentu.

Perut terasa membesar saat disentuh

Ukuran perut yang membesar adalah hal yang wajar selama Bunda hamil. Di awal kehamilan, perut akan membuncit, terasa keras, dan mungkin akan nyeri saat ditekan.

Ingin buang air kecil (BAK) saat perut ditekan

Bunda akan sering buang air kecil (BAK) saat hamil. Ciri-ciri ini akan terasa ketika perut ditekan.

Sering buang air kecil di awal kehamilan disebabkan perubahan hormon. Setelah embrio berada di uterus, tubuh mulai memproduksi hormon hCG (human chorionic gonadotropin), yang memicu Bunda sering buang air kecil.

“Hampir 99,9 persen perempuan yang baru hamil akan sering buang air kecil dengan frekuensi yang sering,” ujar Sherry A. Ross, MD, ahli kesehatan perempuan dan penulis buku “She-ology: The Definitive Guide to Women’s Intimate Health Period”, dikutip dari The Bump.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat