Ketahui Kandungan Gizi pada Tempe, Salah Satu Makanan Pilihan Diet Sehat

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Tempe menjadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan oleh orang yang melakukan diet sehat. Pasalnya, nutrisi yang terdapat dalam tempe ternyata begitu banyak kaya akan protein, prebiotik, vitamin, dan mineral.

Tempe merupakan makanan berbahan kacang kedelai yang telah melewati proses fermentasi. Rasanya yang netral, membuat tempe bisa disajikan dengan berbagai cara masak dan saji.

Tekstur yang cenderung padat juga membuat tempe tidak mudah hancur ketika diolah, berbeda dengan tahu yang lebih lembek sehingga harus berhati-hati dalam mengolahnya.

Namun jika Anda sedang melakukan diet sehat, maka sebaiknya menghindari mengolah tempe dengan digoreng. Sebaiknya Anda memilih merebus atau mengkukus tempe.

Kandungan Gizi Tempe

Seperti diulas di awal, tempe merupakan makanan protein non-hewani yang kaya gizi. Berikut kandungan gizi dalam seporsi tempe (84 gram):

162 Kalori

15 gram protein

9 gram karbohidrat

9 gram lemak

9 miligram sodium

9 persen RDI kalsium

Tempe Sebagai Sumber Energi

Kandungan karbohidrat di dalamnya menjadikan tempe bisa jadi sumber energi harian seseorang, terutama yang tengah menjalani program diet tidak makan nasi. Diet dengan tempe bisa jadi pilihan bagi seseorang yang ingin mengendalikan berat badan.

Tempe menyumbang energi tanpa memberi unsur gula berlebih pada tubuh. Maka dari itu, dalam merencanakan menu diet seimbang gizi, tempe amat bisa menjadi pilihan.

Selain itu, kandungan kalsium pada tempe juga bisa mengganti manfaat yang biasa didapatkan dari mengonsumsi susu. Dalam ukuran berat yang sama, tempe mengandung 2/3 jumlah kalsium yang terdapat pada susu.

Tempe Membantu Mengontrol Kalori

Melansir dari CNNIndonesia, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi protein yang bisa dilakukan dengan tempe dapat merangsang termogenis, yang kemudian akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lebih banyak kalori terbakar.

Dan ternyata, protein terbukti mampu membantu seseorang mengendalikan nafsu makan karena rasa kenyang yang tertahan lama. Tempe juga bisa dipilih sebagai camilan di antara waktu makan.

Tertulis dalam sejumlah penelitian, kandungan isoflavon pada tempe mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, zat isoflavon juga terbukti mampu memperbaiki kerusakan fungsi hati.

Itulah sejumlah fakta yang dapat membantu Anda untuk diet sehat dengan tempe. Tempe bisa menjadi teman diet untuk Anda yang tidak berkawan dengan nasi, daging, dan susu.

Informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916. Untuk pendaftaran pasien, dapat dilakukan di sini. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat