Ketahui Cara Pulihkan Gejala Ringan Covid-19 Saat di Rumah

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Covid-19 akibat infeksi virus corona menjadi penyakit yang kini mengancam kehidupan umat manusia. Setidaknya sejak Sabtu (18/4,) lebih dari dua juta jiwa di seluruh dunia terinfeksi oleh pandemi ini. Sebagian orang yang terinfeksi bisa hanya merasakan gejala ringan, bahkan tidak bergejala. Jika mengalami gejalanya, simak cara berikut untuk bisa pulihkan kesehatan tubuh.

National Health Service (NHS), layanan kesehatan di Britania Raya, menganjurkan mereka yang bergejala ringan untuk memulihkan kondisi di rumah, sebab sejatinya infeksi virus bisa sembuh sendiri. Namun, dr. Puspita Mayang Sari, Sp. PD Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Al-Irsyad Surabaya menambahkan, bahwa cara ini bisa dilakukan dengan pengecualian.

“Orang yang dapat melakukan pemulihan gejala ringan Covid-19 di rumah adalah penderita yang tidak memiliki penyakit penyerta, seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit paru yang kronis,” tuturnya.

Selain itu, selama isolasi mandiri di rumah juga perlu benar-benar menghindari kontak dekat dengan orang yang tinggal serumah, “Selama di rumah, lakukan physical distancing, terutama dengan orang yang rentan terhadap Covid-19, seperti lansia dan pemilik penyakit kronis,” kata dr. Mayang.

“Jaga jarak setidaknya sejauh satu meter, gunakan masker meskipun di rumah untuk mencegah penularan kepada keluarga atau orang yang berada dalam satu rumah,” imbuhnya.

Selain itu, cara terbaik untuk memulihkan kesehatan dari rumah menurut saran dari NHS seperti dilansir The Guardian, Jumat (10/4) antara lain:

Lindungi Paru-Paru

Seorang Dokter Ahli Penyakit Menular di Liverpool School of Tropical Medicine, Tom Wingfield, menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan paru. Caranya cukup sederhana, yakni dengan berhenti merokok, menghindari asap rokok, serta rutin berolahraga.

“Salah satu kelebihan dari karantina di rumah adalah mengurangi polusi udara yang dihirup,” kata Wingfield.

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidak ada suplemen ajaib untuk menguatkan imunitas tubuh secara instan. Langkah terbaik untuk imunitas kuat adalah mengurangi konsumsi alkohol, olahraga, tidur nyenyak, dan kurangi stres. Selain itu, konsumsi sayuran dan buah, berjemur di pagi hari juga penting untuk membangun kekebalan tubuh.

Beristirahat dan Tidak Beraktivitas di Luar Rumah

Banyak orang yang diduga terinfeksi virus mengeluh merasa kelelahan sebagai gejala awal. Jika merasakannya, salah satu cara terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh ialah beristirahat dan benar-benar berhenti melakukan aktivitas di luar rumah. Dengan beristirahat, tubuh bisa melawan virus secara optimal.

“Tubuh Anda menggunakan semua energinya untuk melawan virus yang menginfeksi sel demi sel. Anda mulai menggunakan energi untuk meningkatkan suhu tubuh inti Anda untuk menjadikannya lingkungan yang tidak menguntungkan bagi virus untuk bereproduksi,” kata dokter NHS, Amir Khan.

 Tetap Terhidrasi

Konsultan paru di rumah sakit St Mary di London, Saira Ghafur mengatakan, ketika demam setiap individu harus minum dua hingga tiga liter air putih dalam satu hari, kecuali pada penderita gagal jantung dan gagal ginjal. Hidrasi yang baik bisa meningkatkan imun tubuh.

Tambahkan Suplemen

Suplemen bisa juga dikonsumsi untuk membantu meningkatkan imun tubuh. Namun, Khan menegaskan agar setiap orang memerhatikan dosis suplemen yang dikonsumsi. Sebab jika berlebih juga tidak akan baik bagi tubuh.

dr. Mayang pun berpesan agar masyarakat tetap memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat,

mencuci tangan dengan air dan sabun secara rutin, serta konsumsi makanan yang bergizi. Selain itu, dengan memulihkan gejala ringan Covid-19 di rumah, maka penderita harus rutin memantau kesehatannya secara mandiri.

“Ukur suhu tubuh setiap hari dan amati gejala yang muncul jika di tengah masa isolasi muncul keluhan baru atau keluhan memberat, misalnya demam tinggi disertai batuk terus-menerus dan sulit bernapas. Jika seperti itu, maka segera hubungi rumah sakit,” tutupnya. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat