Ketahui Cara Merawat Organ Pernapasan Agar Tetap Sehat

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Sistem pernapasan manusia terdiri atas organ dan jaringan yang membantu tubuh agar dapat bernapas. Sistem ini membantu tubuh menyerap oksigen serta membuang karbon dioksida dan gas limbah dari darah. Begitu penting perannya, sehingga perlu dirawat agar tetap sehat.

Fungsi sistem pernapasan manusia bukan hanya sebatas membantu menghirup dan mengembuskan napas. Organ pernapasan manusia yang terdiri atas mulut, hidung, sinus, tenggorokan, trakea, tabung bronkial, paru-paru, diafragma, alveoli, bronkiolus, sampai laring juga punya fungsi lain.

Melansir Cleveland Clinic, di antara fungsi organ tersebut yakni berbicara, mencium, mengedarkan udara ke seluruh tubuh, serta melindungi saluran udara dari zat berbahaya.

Karenanya, apabila organ pernapasan tersebut tergangggu, salah satu fungsi atau kinerja sistem pernapasan turut bermasalah, seperti alergi, penyakit, atau infeksi dapat mengganggu kelancaran pernapasan. Berikut cara merawat organ pernapasan agar tetap sehat:

Hindari Rokok

Melansir laman resmi American Lung Association, cara merawat organ pernapasan adalah menghindari rokok. Rokok adalah penyebab utama kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Paparan asap rokok dapat mempersempit saluran udara dan menghambat kelancaran pernapasan. Dalam jangka pendek saja, paparan asap rokok bisa memicu peradangan sampai bronkitis kronis. Dan seiring berjalannya waktu, asap rokok juga bisa merusak jaringan paru-paru dan menyebabkan kanker.

Minimalisir Paparan Polutan

Tak hanya asap rokok, paparan polutan seperti bahan kimia berbahaya seperti asap kendaraan, polusi, dan radon juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Polutan dapat merusak saluran udara, bagian dari organ pernapasan.

Untuk itu, pastikan Anda menggunakan masker di tempat yang rentan banyak polutan. Selain itu, buat sirkulasi udara di rumah selalu sehat dengan memaksimalkan ventilasi udara dan pastikan rumah bebas radon.

Cegah Infeksi Organ Pernapasan

Cara merawat organ pernapasan lainnya yakni mencegah infeksi. Infeksi pada saluran pernapasan bisa menimbulkan komplikasi serius. Beberapa cara untuk mencegah infeksi organ pernapasan, antara lain rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, jaga jarak dengan orang lain apabila berada di keramaian, sikat gigi setidaknya dua kali sehari dan periksa kesehatan mulut setidaknya enam bulan sekali, cegah penyakit pernapasan dengan vaksinasi, jika sakit, tinggal di rumah dan gunakan masker, dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, termasuk mengecek kondisi paru-paru

Olahraga Rutin

Jaga kesehatan secara keseluruhan termasuk organ vital paru-paru dengan rutin berolahraga. Melansir Healthline, olahraga dapat memperkuat jantung sekaligus paru-paru. Saat berolahraga, seseorang memompa jantung dan paru-paru lebih keras. Tubuh pun jadi menghirup lebih banyak oksigen. Dengan begitu, paru-paru akan mengedarkan lebih banyak oksigen ke tubuh.

Tarik Napas Dalam-dalam

Kebiasaan menarik napas dalam-dalam juga bisa menjadi salah satu cara merawat organ pernapasan. Saat menarik napas pendek-pendek, tubuh hanya menggunakan sebagian kecil paru-paru. Udara yang keluar biasanya juga hanya berasal dari dada, belum dari perut.

Sebaliknya, pernapasan dalam dapat membantu tubuh mengoptimalkan pembersihan udara kotor dan produksi oksigen dalam paru-paru. Agar bisa rutin melakukan pernapasan dalam, Anda bisa berlatih dengan cara menghitung saat bernapas. Hal ini pun juga membuat tubuh rileks dan tidak stres.

Jaga Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan bergizi lengkap dan seimbang termasuk bagian dari cara merawat organ pernapasan dan kesehatan secara keseluruhan. Upayakan selalu makan makanan bergizi, termasuk mengonsumsi sayur, buah, dan air putih, karena makanan yang sehat dapat memasok nutrisi yang bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat