Ketahui Cara Atasi Sakit Gigi Saat Sedang Berpuasa

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Sakit gigi yang muncul seringkali menyiksa dan membuat segera ingin mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, ketika berpuasa membuat kita tidak bisa mengonsumsi obat yang diperlukan di sembarang jam. Ada beberapa tips mengatasi sakit gigi tanpa harus menelan obat saat puasa.

Sakit gigi biasanya disebabkan oleh kerusakan gigi seperti gigi berlubang, adanya abses alias penumpukan nanah akibat infeksi, gigi retak, pembengkakan gusi, tumbuh gigi, dan lain sebagainya. Gejalanya pun kadang hilang-timbul atau bahkan rasa sakit muncul secara terus menerus.

Tidak jarang, hal ini membuat ibadah puasa menjadi terhambat. Lantas, bagaimana kalau sakit gigi saat sedang puasa? Padahal jika minum obat, tentunya akan membatalkan puasa. Tapi kalau tidak segera diobati, maka akan merasa tersiksa seharian.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri saat puasa tanpa harus menelan obat sakit gigi, sambil menunggu waktu konsultasi ke dokter.

Kumur air garam

Sambil menunggu jadwal periksa ke dokter gigi, salah satu cara terbaik untuk meredakan sakit gigi adalah dengan berkumur air hangat yang sudah dicampurkan garam.

“Garam mengandung natrium klorida yang dapat menurunkan pertumbuhan bakteri di rongga mulut,” terang drg. Nirawati Pribadi, M. Kes., Sp.KG (K), pakar gigi RS Al Irsyad.

Caranya, campurkan setengah sendok makan garam ke dalam segelas air hangat, lalu kumur-kumur selama beberapa saat.

Kompres pakai es batu

Ada cara mudah lainnya yang bisa dilakukan saat sakit gigi ketika puasa, yaitu dengan kompres es batu. Masukkan es batu dalam sebuah plastik kecil, lalu tempelkan plastik tersebut pada pipi atau tempelkan secara langsung di area gigi yang sakit selama 15 menit untuk mengebaskan saraf gigi.

Minyak cengkeh

Cengkeh adalah obat tradisional yang memiliki senyawa kimia utama eugenol yang berfungsi sebagai anestesi alami. Sebelum mengoleskan minyak cengkeh ke area gigi yang bermasalah, pastikan area gigi tersebut sudah dibersihkan dengan cara menyikat gigi.

Kemudian, tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan tempelkan di gigi yang bermasalah sambil ditekan selama beberapa menit sampai rasa sakitnya mereda.

Minyak cengkeh ini umumnya bisa dibeli di apotek terdekat. Namun jika tidak ada, gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh, dan tempelkan di gigi yang sakit.

Di sisi lain, jika Anda mengalami sakit gigi karena ada lubang di gigi. Dr. Nirawati menyarankan agar dilakukan pembersihan sendiri di lubang tersebut dan ditutup dengan kapas. Tujuannya, agar ketika mengonsumsi makanan, sisa-sisa makanan tersebut tidak masuk ke lubang gigi dan hanya menempel di kapas.

“Bersihkan lubang gigi dan tempelkan kapas. Lakukan hal tersebut sesering mungkin jika kita aktif mengonsumsi makanan. Jangan lupa ganti kapas secara berkala hingga ditangani oleh dokter gigi,” imbuh pakar gigi tersebut.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat