Ketahui Berbagai Manfaat Spiritual Prenatal Gentle Yoga

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Mengikuti kelas prenatal gentle yoga dapat menjadi salah satu cara terbaik bagi ibu agar menikmati masa kehamilan dengan nyaman. Manfaat spiritual yoga ini ternyata lebih menonjol dari sekadar senam hamil biasa.

Manfaat spiritual diperoleh melalui fungsi meditasi, relaksasi, serta komunikasi dengan janin. Di antara manfaat spiritual tersebut, Lailatus Sa‘ada’, Amd.Keb. bidan yang juga sekaligus instruktur prenatal yoga tersertifikasi RS Al-Irsyad menyebutkan ada lima manfaat utama.

Yang pertama ialah manfaat komunikasi dengan sang buah hati dan meningkatkan keterikatan/bonding dengannya. Manfaat ini bisa dicapai karena yoga menggunakan teknik-teknik pemusatan pikiran serta meditasi.

“Kedua, prenatal yoga juga dapat meningkatkan ketenangan dan ketentraman batin selama menjalani kehamilan.”

Selanjutnya, prenatal yoga dapat bermanfaat membantu ibu memandang segala sesuatu secara apa adanya, “Ini membantu saat ketakutan melanda untuk tidak terkuasai oleh rasa takut,” tandas Lala.

Prenatal yoga juga berfungsi meningkatkan inner peace, penerimaan diri, dan kepasrahan saat melewati semua kesulitan dalam proses kehamilan dan kelahiran.

Dan yang terakhir, manfaat utama yang kelima ini adalah meningkatkan kemampuan untuk merasa bahagia.

Ibu yang mengikuti senam hamil di RS Al-Irsyad akan dipandu oleh instruktur yang berkualifikasi, dan akan berada dalam lingkungan yang mendukung, saling menguatkan antara ibu hamil satu dengan yang lainnya.

Kelas prenatal yoga akan mencakup latihan napas, peregangan, dan pose penguatan serta relaksasi. Menggabungkan yoga dengan meditasi sangat membantu pikiran ibu hamil menjadi lebih cepat rileks. “Dan ini dilakukan dalam senam hamil RS Al-Irsyad,” imbuh Lala.

Relaksasi, peregangan, dan penguatan ini sendiri akan membantu ibu dengan lebih siap menghadapi proses persalinan. Ketidakseimbangan pada ibu hamil dapat mengakibatkan nyeri punggung dan leher kaku.

Peregangan Lembut dengan sedikit penekanan pada keseimbangan otot dan fleksibilitas akan membantu meringankan ketidaknyamanan dan membantu mengendurkan otot selama kehamilan dan persalinan.

“Pada saat yang sama, yoga membangun kesadaran diri, disiplin diri, dan mempromosikan ketenangan batin karena saat yoga ibu akan diajarkan untuk fokus,” tutup Lala. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat