Ketahui Berbagai Manfaat Sarapan dengan Telur

Rsalirsyadsurabaya.co.id –   Sarapan sederhana dengan menu telur ternyata memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Lauk yang direkomendasikan untuk masuk ke dalam menu diet harian ini kaya akan nutrisi penting bagi tubuh seperti protein, lemak, mineral, dan hanya mengandung 60 kalori per porsi.

Selain bergizi, penyajian yang praktis membuat telur cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Bisa digoreng, dibuat omelet, atau orak-arik. Menu tersebut pun akan semakin nikmat disajikan bersama saus, keju, atau juga nasi untuk menambah lebih banyak energi untuk memulai hari.

Menjadikan telur untuk menu sarapan akan membuat kandungan protein dan lemak di dalamnya menjaga tingkat energi tubuh tetap naik dan membuat kita kenyang untuk waktu yang lama. Dengan cara ini, kudapan di tengah hari bisa dihindari dan akhirnya makan lebih sedikit. Ini tentu berarti baik bagi seseorang yang sedang menjalani diet.

Studi yang digagas periset dari Universitas Missouri, Amerika Serikat pun mengungkap sarapan telur terbukti membantu penurunan berat badan. Sebanyak 65 persen responden yang sarapan dengan telur setiap hari berhasil mencapai berat badan ideal setelah delapan pekan.

Studi yang diterbitkan oleh Departemen Nutrisi dan Latihan Fisiologi di universitas itu juga mengungkap manfaat lain dari sarapan telur. Menyantap telur membuat glukosa darah lebih stabil dan mempercepat metabolisme melalui proses yang disebut efek termal.

Asosiasi Jantung Amerika (AHA) mendukung opsi telur sebagai menu sarapan. Menurut AHA, melansir Republika, 72,5 persen bagian telur terdiri dari protein murni, melebihi kandungan lemaknya yang berjumlah sekitar 1,5 gram. Dari sudut pandang gizi, kandungan itu sangat baik.

Sebutir telur memberikan tubuh sebanyak 78 kalori, dengan sumber protein padat, vitamin D, dan kolin. Kombinasi itu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi hati, serta mendukung perkembangan otak janin bagi ibu yang sedang mengandung.

Bukan hanya putih telur yang kaya nutrisi, kuning telur juga amat penting karena sumber signifikan lutein dan zeaxanthin. Nutrisi itu terbukti mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula, penyebab utama kebutaan pada orang di atas usia 55 tahun.

Meski sebagian orang menyangsikan manfaat telur karena kandungan kolesterol dalam jumlah tinggi, namun selama tidak dikonsumsi pengidap penyakit jantung, diabetes, atau pernah terkena serangan jantung, sarapan telur dalam jumlah wajar tetap menyehatkan.

Memasukkan satu atau dua butir telur dalam menu harian sangat dianjurkan dengan tetap memperhatikan cara pengolahan telur yang tepat. Menggoreng telur dengan minyak nabati atau menambahkan mentega tentunya akan meningkatkan kandungan kalori dan kolesterol.

Untuk itu, sebagai alternatif, sajian sarapan telur ini dapat digoreng dengan menggunakan minyak zaitun yang menyehatkan jantung guna menekan kelebihan kalori. Selain itu, cara lain yang dapat dipilih, mengutip dari laman Red Online, adalah mengganti penggunaan mentega dengan susu saat membuat telur orak-arik, dan kemudian memasaknya perlahan dengan api kecil. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat