Ketahui Berbagai Manfaat Konsumsi Buah Melon Saat Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Memperhatikan asupan nutrisi untuk ibu hamil yang sedang puasa jelas harus selalu dilakukan. Hal ini demi kesehatan sang ibu dan janin dalam kandungan. Dengan mengetahui manfaat melon untuk buka puasa ibu hamil, berbagai jenis kekhawatiran saat puasa pun bisa menjadi berkurang.

Tanpa berpuasa, ibu hamil pun banyak mengalami berbagai jenis gangguan kesehatan. Misalnya saja seperti masalah pencernaan, anemia, dehidrasi, dan masih banyak lagi. Namun, kandungan dalam buah melon, sebagaimana disampaikan Nur Ulfah, A.Md.Gz, Ahli Gizi di Rumas Sakit Al-Irsyad Surabaya ternyata bermanfaat untuk ibu hamil saat puasa dan perlu mendapat perhatian.

Disebutkan, kandungan melon yang bermanfaat bagi ibu hamil di antaranya seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, asam folat, mineral, kalsium, dan zat besi. Meskipun banyak yang beranggapan bahwa melon berbahaya untuk janin dan ibu hamil karena bakteri listeria dan toksoplasma. Namun sebenarnya bakteri ini ada pada kulit terluar dari buah melon saja, sehingga yang perlu dilakukan adalah memperhatikan cara mengupasnya.

“Buah melon berbahaya bagi ibu hamil jika salah cara mengonsumsinya. Pilih buah melon yang masih segar dan juga upayakan memilih melon yang tidak terdapat luka di permukaan kulitnya,” tutur Ulfah.

Hal ini, lanjutnya, karena  bakteri listeria dan toksoplasma yang bisa masuk ke buah melon jika buah melon menempel secara langsung pada tanah.

Mampu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ternyata dengan mengonsumsi melon selama hamil dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi 500 gram melon, maka kebutuhan vitamin C harian ibu hamil dapat tercukupi dengan baik.

Karena kandungan vitamin C inilah, melon sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil saat puasa. Ini karena vitamin C sangat berperan dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga saat berpuasa, ibu hamil dan janin tidak rentan terserang penyakit dan infeksi.

Bantu Jaga Kesehatan Janin

Kandungan asam folat yang cukup tinggi pada melon dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan selama berpuasa. Ini karena asam folat sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan, termasuk kandungan zink dalam melon yang dapat membantu menjaga perkembangan jaringan tubuh janin.  

Dalam sebuah penelitian, risiko janin mengalami cacat tabung saraf dipercaya dapat berkurang hingga 50 persen jika ibu hamil mengonsumsi jumlah asam folat dan zink yang sudah disarankan.

Dukung Perkembangan Kognitif Janin

Melon ternyata juga bisa membantu menjaga perkembangan kognitif janin. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam buah melon. Perlu diketahui, bahwa vitamin A merupakan salah satu asupan penting yang dapat menunjang pertumbuhan fungsi kognitif bayi yang sehat dan menangkal cacat bawaan. 

Vitamin A juga sangat baik untuk perkembangan jantung, paru-paru, ginjal, mata, dan tulang bayi. Sehingga jika asupan vitamin A terpenuhi dengan baik, tumbuh kembang janin dalam kandungan juga akan menjadi semakin baik.

Cegah Dehidrasi pada Ibu Hamil

Setiap orang yang berpuasa pasti akan mengalami dehidrasi. Namun, jika terjadi pada ibu hamil, hal ini tentu akan berdampak buruk bagi ibu dan janin dalam kandungan. Dengan mengonsumsi melon selama puasa ternyata bisa membantu mencegah dehidrasi.

Ini karena melon memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga asupan cairan tubuh ibu hamil saat puasa dapat tercukupi dengan lebih baik. Meski demikian, ibu hamil juga masih perlu mengonsumsi banyak cairan untuk menghindari dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

Bantu Lancarkan Pencernaan

Ibu hamil memang sudah pasti akan mengalami gangguan pencernaan, seperti misalnya sembelit. Tentunya ini jelas akan mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan juga, selain aktivitas puasa menjadi tidak bisa dijalankan dengan baik.

Nah, untuk itu konsumsi buah melon mampu membantu melancarkan pencernaan ibu hamil. Melon merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan serat alami yang larut dalam air. Sehingga tidak heran jika melon sangat dipercaya mampu membantu mengatasi masalah pencernaan, termasuk sembelit yang terjadi selama kehamilan.

Selain itu, seperti melansir Liputan6.com, kandungan serat ini juga dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dengan baik, sehingga metabolisme tubuh ibu hamil saat puasa akan tetap terjaga.

Bantu Kontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam melon ternyata memiliki peranan yang cukup penting dalam mengatur sistem tekanan darah. Maka dengan mengonsumsi melon saat akan menjalani ibadah puasa, tekanan darah ibu hamil dapat terkontrol dengan lebih baik. Bahkan kalium ini juga mampu membantu mengatasi kaki kram yang kerap dikeluhakan ibu hamil.

Menjaga Berat Badan

Saat menjalani puasa, berat badan ibu hamil tetap harus dijaga. Karena jika dibiarkan saja, nutrisi yang dibutuhkan oleh janin juga tidak dapat terkontrol dengan baik nantinya. Nah, dengan mengonsumsi melon saat puasa, kandungan kalori yang cukup rendah dan fruktosa di dalamnya tidak akan membuat berat badan ibu hamil menjadi berlebihan

Sumber Energi

Sumber energi ini cukup penting bagi stamina ibu hamil saat puasa. Dengan mengonsumsi melon, maka asupan protein dan karbohidrat akan terpenuhi. Sehingga ketika menjalankan ibadah puasa, stamina ibu hamil akan bisa terkontrol dengan lebih baik. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat