Peringati Hari Kanker Sedunia, Ketahui Beragam Jenis Kanker Menentukan Gejala yang Muncul

Setiap tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker sedunia, ini menjadi momentum peringatan bagi kita bersama, bahwa kanker masih jadi masalah di masyarakat.

Ada banyak sekali jenis kanker yang bisa saja dialami. Meski demikian, hanya ada enam kanker yang paling sering diidap oleh anak berikut ini:

1. Kanker darah, atau leukemia, yaitu penyakit yang ditandai dengan penurunan nafsu makan, demam hingga menggigil, nyeri sendi dan tulang, pembengkakan kelenjar getah bening, pucat, mudah lelah dan lemas, napas pendek, dan lain-lain.

2. Kanker mata, yaitu penyakit yang ditandai dengan pupil mata berwarna putih, mata juling, kemerahan di area sekitar mata, penglihatan buram, pembesaran bola mata, dan lain-lain.

3. Kanker saraf, yaitu penyakit yang ditandai dengan penurunan nafsu makan, pembengkakan perut atau leher, nyeri tulang, sakit punggung, pembengkakan kelenjar getah bening, kaki melemah, pucat, gangguan buang air, dan lain-lain.

4. Kanker tulang, yaitu penyakit yang ditandai dengan nyeri tulang, patah tulang tiba-tiba, sulit menggerakkan sendi, demam, pucat, cepat lelah, penurunan berat badan, dan lain-lain.

5. Kanker nasofaring, yaitu penyakit yang ditandai dengan pembengkakan kelenjar bening di leher, hidung tersumbat, telinga berdengung, sakit kepala, susah menelan, susah membuka atau menutup mulut, dan lain-lain.

6. Kanker kelenjar getah bening, yaitu penyakit yang ditandai dengan pembengkakan pada ketiak, sesak napas, demam, lemah, penurunan nafsu makan, masalah pencernaan, dan lain-lain.

Untuk mencegah anak mengidap penyakit yang berbahaya, sebaiknya ibu selalu memberikan makanan sehat bergizi seimbang, serta menerapkan pola hidup sehat lainnya sejak dini. Pemberian multivitamin atau suplemen tambahan juga disarankan jika anak dirasa kurang mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat