Ketahui Beragam Faktor Penyebab Gusi Berdarah Saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Menjaga kesehatan mulut, tak cukup dengan memperhatikan kebersihan gigi, tetapi juga penting untuk menjaga kondisi gusi. Sebab, gusi juga berperan penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apalagi ketika berpuasa, sebaiknya jaga kesehatan mulut agar tidak mengalami gusi berdarah.

Dokter Spesialis Gigi Rumah Sakit Al Irsyad Surabaya, drg. Prima Agrippina Wigid Amanda Sari, Sp.KGA menuturkan bahwa biasanya, gusi berdarah dapat disebabkan oleh pengumpulan plak di garis gusi yang menyebabkan rasa perih, terutama saat mengunyah makanan atau menggosok gigi.

“Akan tetapi, gusi berdarah yang tiba-tiba dan berlangsung lama maka bisa disebabkan oleh faktor lain, sehingga perlu waspada, karena banyak faktor maupun penyakit yang menjadi pemicu gusi berdarah,” ujarnya.

Berikut ini, drg. Prima memaparkan beragam faktor penyebab gusi berdarah dan cara mengatasinya, antara lain:

Kebersihan Mulut

Gusi adalah salah satu jaringan yang cukup lunak dan sensitif terhadap gesekan. drg, Prima mengungkapkan bila menyikat gigi terlalu keras maka bisa membuat gusi menjadi bengkak dan berdarah. Namun, jarang menyikat gigi juga bukan hal yang baik, karena akan menyebabkan kondisi yang buruk pada gusi.

“Dengan begitu, rutinlah menyikat gigi, terutama ketika berpuasa dengan memilih pasta gigi dan sikat gigi yang tepat. sebaiknya menyikat gigi sebanyak dua kali sehari agar plak di gusi dan gigi tidak terlalu menumpuk,” ungkapnya.

Merokok 

Bagi perokok aktif, memiliki peluang dua kali lebih berisiko terkena penyakit gusi, hal itu dikarenakan bahan kimia yang terkandung di dalam rokok mempunyai racun yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Saat puasa inilah waktu yang tepat untuk mengurangi merokok, sebab bila terus menerus merokok, akan membuat tubuh tidak akan mampu melawan bakteri pada mulut. Selain berisiko terkena penyakit gusi, merokok akan menghambat penyembuhan gusi berdarah.

Radang gusi

drg. Prima menuturkan, bahwa penyakit gusi yang umum dan ringan adalah radang gusi yang kerap membuat gusi lebih sensitif terhadap gesekan, sehingga bisa menjadi salah satu penyebab gusi berdarah.

“Radang gusi disebabkan oleh penumpukan plak di garis gusi. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan obat kumur yang mengandung antiseptik dan menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif demi meredakan nyeri gusi,” tuturnya.

Periodontitis

Periodontitis adalah infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan tulang yang menyokong gigi. Penyebab periodontitis, dilansir dari cnnindonesia.com, adalah karang gigi dan plak yang mengeras pada gigi kemudian membuat gusi iritasi.

Ketika gusi mudah berdarah, bisa jadi sedang terkena penyakit periodontal. Hal itu bisa menyebabkan gigi bisa lepas atau terpisah. Periodontitis juga bisa mengakibatkan bau mulut, rasa tidak enak di mulut, perubahan struktur gigi, gusi merah, bengkak, dan sangat lunak.

Kekurangan Vitamin C 

Vitamin C memiliki beragam manfat, yang paling umum adalah dapat membantu jaringan tumbuh untuk memperbaiki, menyembuhkan luka dan memperkuat tulang dan gigi.

Ketika tubuh kekurangan vitamin C, gusi akan mudah untuk radang dan pendarahan. Sebaliknya, jika tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin C maka akan memperburuk perdarahan apabila sedang memiliki masalah pada gusi.

“Meski menjaga kebersihan oral atau mulut dengan baik, namun bila kekurangan vitamin C, maka akan tetap menyebabkan perdarahan gusi. Jadi mulai sekarang jangan abaikan makan makanan yang mengandung tinggi vitamin C untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh dan mulut,” pesan drg. Prima.

Beberapa sumber vitamin C terdapat pada buah beri, melon, jambu, paprika, tomat, dan jeruk.

Kekurangan Vitamin K

Tak hanya kekurangan vitamin C yang bisa menyebabkan gusi berdarah, ternyata kekurangan vitamin K juga bisa memicu terjadinya pendarahan pada gusi.

Vitamin K memiliki manfaat dapat membantu pembekuan darah dengan benar dan juga kesehatan tulang, serta bisa terhindari dari penyebab gusi berdarah. Jika seseorang kekurangan vitamin K, maka akan berdampak pada masalah pendarahan di seluruh tubuh jika terluka.

Oleh sebab itu, sama halnya dengan konsumsi vitamin C, makan makanan yang mengandung vitamin K juga bermanfaat untuk mengatasi gusi berdarah. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat