Ketahui Beberapa Waktu Terbaik untuk Mengonsumsi Air Putih Agar Tubuh Sehat

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Demi menjaga kesehata dan imunitas tubuh, salah satu cara terbaik adalah rutin mengonsumsi air putih setiap hari. Para ahli menyarankan untuk minum minimal delapan gelas dalam sehari. Dengan begitu, perlu pula mengetahui waktu-waktu terbaik untuk minum air putih.

Ahli Gizi merekomendasikan jumlah asupan air putih 2,7 liter per hari untuk perempuan dan 3,7 liter untuk pria. Meski demikian, setiap orang memiliki kebutuhan cairan per hari dengan beragam variasi, tergantung berat badan, kondisi lingkungan, aktivitas fisik, dan fungsi usus.

Jika seseorang mengalami kekurangan cairan, tentu tubuh akan berisiko memicu dehidrasi sehingga organ tak dapat berfungsi dengan normal. Dehidrasi sendiri merupakan kondisi medis yang umum dialami banyak orang. Dehidrasi, sebutnya, menimbulkan beberapa gejala termasuk kelelahan, sembelit, dan penurunan konsentrasi.

Untuk itu, dokter umum RS Pondok Indah (RSPI) – Pondok Indah, I Made Tirta Saputra mengungkapkan, setiap orang sangat penting untuk mengetahui beberapa waktu terbaik mengonsumsi air putih.

Yang pertama adalah sesaat setelah bangun tidur. Ini merupakan waktu terbaik untuk minum air putih demi menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.

“Minum air putih 1-2 gelas setiap bangun tidur juga penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika Anda terlelap semalaman. Air putih juga dapat membantu proses metabolisme tubuh,” ujarnya dilansir dari CNN.

Selain setelah bangun tidur, Made juga menyarankan untuk minum air putih sebelum tidur. “Ini akan membantu untuk meningkatkan kualitas tidur,” imbuhnya.

Ketika akan melaksanakan olahraga, maka sebaiknya konsumsi air putih yang cukup sebelum dan sesudah berolahraga. Hal ini dilakukan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berolahraga.

Made pun juga menuturkan jika pada kondisi pandemi seperti saat ini, mengonsumsi air putih menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.

Akan tetapi, konsumsi air putih yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Hal ini dapat menyebabkan keracunan air yang berakibat hiponatremia atau kekurangan garam dalam tubuh.

“Pada efek yang memburuk dapat menyebabkan sakit kepala, kram otot, bahkan dapat menyebabkan kejang, dan berujung pada kematian. Jadi minum air putih secukupnya ya, tidak kurang tidak juga berlebihan,” jelasnya.

Maka, minumlah air putih ketika Anda merasa haus, dan kurangi minuman dengan pemanis buatan, kafein, soda, dan alkohol demi menjaga kesehatan. Akan lebih baik jika Anda meminumnya sesuai dengan waktu terbaik tersebut. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat