Ketahui 8 Pedoman Utama untuk Jaga Ginjal Tetap Sehat

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Ginjal memiliki fungsi yang penting bagi tubuh, misalnya untuk membuang sampah metabolisme dan menjaga keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit. Untuk itulah perlunya tiap orang menjaga kesehatan ginjal agar bisa berfungsi dengan baik.

Untuk memperingati hari ginjal sedunia yang bertepatan tanggal 12 Maret 2020, Dokter Spesialis Ginjal Rumah Sakit Al Irsyad Surabaya dr. Artaria Tjempakasari, Sp.PD menyampaikan, setidaknya ada 8 pedoman utama yang merupakan cara menjaga ginjal tetap sehat.

“Banyak hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan kerusakan pada fungsi ginjal sehingga ginjal tetap sehat yaitu ada delapan pedoman utama,” ujarnya.

Delapan pedoman utama tersebut, antara lain:

  1. Aktivitas fisik yang cukup sehingga tubuh tetap bugar
  2. Kontrol kadar gula darah terkendali dengan baik
  3. Memantau tekanan darah sehingga tetap normal
  4. Jaga berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan yang sehat, tak lupa untuk mengurangi konsumsi garam
  5. Cukupi kebutuhan cairan
  6. Jangan merokok
  7. Hindari konsumsi jangka panjang obat yang dijual bebas tanpa resep dokter
  8. Melakukan pemeriksaan fungsi ginjal, terutama apabila berisiko mendapatkan gangguan ginjal seperti jika anda mempunyai satu atau lebih faktor risiko penyakit ginjal berikut ini :
  9. Menderita kencing manis (Diabetes Mellitus)
  10. Menderita tekanan darah tinggi (Hipertensi)
  11. Kegemukan (Obesitas)
  12. Ada anggota keluarga yang menderita penyakit ginjal
  13. Memiliki penyakit batu saluran kemih atau kencing pernah keluar batu, pasir, atau berdarah

Dengan begitu, lanjutnya, agar tubuh tetap berfungsi dengan optimal, maka sebaiknya lakukan 8 pedoman utama tersebut. Bila pasien penderita penyakit ginjal kronis, maka sebaiknya menjalani hemodialisis sebagai substitusi dari ginjal yang telah rusak.

“Hemodialisis atau cuci darah ini merupakan salah satu terapi pengganti ginjal. Nah, ginjal yang sudah tidak berfungsi, sebagian fungsinya diambil alih oleh hemodialisis,” jelas Penanggung Jawab Unit Hemodialisa RS Al Irsyad Surabaya ini.

“Fungsi ginjal yang diambil alih oleh hemodialisis antara lain fungsi regulasi cairan, keseimbangan elektrolit, keseimbangan asam basa dan membuang sampah dari tubuh,” tambahnya.

Beban biaya hemodialisis terhadap penderita PGK (Penyakit Ginjal Kronis) memang cukup besar. Oleh karenanya, pencegahan penyakit pada ginjal harus dilakukan sebaik mungkin dan dimulai sejak dini.

“Intinya, untuk menjaga tubuh tetap sehat maka diperlukan istirahat yang cukup dengan diselingi olahraga secara rutin. Bila tak ingin ginjal menjadi rusak maka jangan minum obat sembarangan, terutama obat nyeri, stop merokok dan jaga selalu pola makan sehat,” saran dr. Artaria.

Konsumsi makanan sehat disarankan untuk mengurangi makanan yang manis-manis, asin, dan berminyak serta tidak mengonsumsi protein secara berlebihan, seperti daging merah.

“Sesekali menikmati makanan yang enak (tapi berisiko) tak apa, tapi jangan keseringan. Deteksi dini (penyakit ginjal) sangat berarti, jangan sampai sudah terlanjur sakit baru berobat,” tutupnya. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat