Kesemutan di Usia Muda, Bahayakah?

Gaya hidup dapat mengakibatkan seseorang di usia muda mengalami gangguan saraf. Mulai dari kebas, kesemutan, mati rasa, atau rasa terbakar juga bisa menandai gangguan penyakit saraf.

“Penyakit saraf biasanya dialami oleh orang yang sudah berumur atau usia tua. Namun sekarang, banyak anak muda yang merasakan kesemutan di tangan,” tegas dokter spesialis saraf Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya, dr Fadil, Sp.S (K) dalam bincang medica spesial di Radio Suara Muslim, Sabtu (18/6/2022).

Ia menjelaskan, usia muda mengalami kesemutan dan itu terjadi karena kesalahan posisi yang mengakibatkan sarafnya terjepit di pergelangan tangan dan berlangsung lama.

“Salah pegang gadget dapat mengakibatkan kesemutan. Karena takut untuk periksa ke dokter, maka penyakitnya akan lebih parah,” ujarnya.

Untuk penyebab kesemutan ada banyak. Bagi yang telah berumur itu karena faktor usia yang dipicu dengan adanya penyakit penyerta seperti kencing manis atau diabetes melitus.

“Salah satu komplikasi yang paling pasien sering alami kesemutan karena diabetes melitus,” terang dia.

“Ada beberapa trik yang bisa membedakan kesemutan-kesemutan ini. Apakah mungkin karena ada kencing manis atau bahkan ada pasien kencing manis tetapi dengan kesemutan yang berbeda penyebabnya, bukan karena kencing manisnya,” lanjutnya.

Ia memaparkan, usia muda mengalami kesemutan biasanya terjadi di pergelangan tangan dan bisa dilihat di jari-jarinya.

“Kalau kesemutan di tangan, disebabkan saraf medianus. Karena salah satu saraf yang paling sering terganggu di tubuh kita adalah saraf medianus di pergelangan tangan. Saraf itu seperti kabel yang mengalirkan aliran listrik. Kalau kabelnya tergencet otomatis aliran listrik juga terganggu,” jelasnya.

“Sebaiknya lihat jari yang mengalami kesemutan. Bila kelingkingnya tidak kesemutan, itu diakibatkan faktor saraf medianus-nya kegencet. Kalau karena diabetes melitus, kolesterol tinggi biasanya semua jari kesemutan. Bahkan saling disertai kesemutan di ujung jari-jari kaki,” tambahnya.

Untuk mengatasi kesemutan di pergelangan tangan, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Seperti memakai dekker atau splint yang ukurannya harus pas dengan pergelangan tangan.

“Kalau ukurannya kekecilan maka akan menekan pergelangan tangan. Kalau kebesaran, maka tidak akan ada manfaatnya. Idealnya harus pas,” tegasnya.

Dengan memakai splint atau dekker, mengakibatkan pergelangan tangan tidak bisa bergerak. Namun bila tidak bisa memakai dekker karena bekerja, pemakaian bisa dilakukan saat malam hari atau tidur.

“Saat tidur atau memakai dekker di malam hari selama 8 jam secara rutin menghindari pemberatan dari tekanan. Karena saat tidur, kita tidak tahu posisi tangan. Tidak sadar menekuk itu semakin memperparah sarafnya,” ujarnya.

“Saraf itu sedikit bandel dan berbeda dengan kulit. Kalau kulit luka sebentar sudah menutup. Kalau saraf memerlukan waktu yang lama,” lanjutnya.

Begitu juga dalam posisi tertentu dengan waktu yang lama.

Seseorang yang duduk dengan posisi menekuk maka bisa merasakan kesemutan karena adanya gangguan aliran darah ke sarafnya. Sebaiknya segera merubah posisi agar darah dapat mengalir lebih baik.

“Kalau usia muda tetap ada kesemutan di kaki, maka itu ada gangguan saraf di tulang belakang. Dan saat bangun tidur bila kesemutan di bagian lengan bisa terjadi karena adanya kelainan di bagian leher,” paparnya.

Ia menyebutkan, biasanya kerusakan saraf itu dimulai dari ujung-ujung yang paling jauh dari pusat tubuh.

“Saraf yang paling tipis yaitu saraf peraba di ujung jari-jari tangan dan kaki.
Konsumsi vitamin saraf neuropati yaitu vitamin B12, B1 dan B6,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kabag Humas dan Marketing, Fadilah menyampaikan RS Al Irsyad ada tes Elektroencephalograpy (EEG) yang digunakan untuk mengetahui penyebab penyakit saraf.

Salah satu tes untuk mengukur aktivitas kelistrikan dari otak untuk mendeteksi adanya kelainan otak.

“Pelayanan EEG bisa menggunakan BPJS atau umum. Epilepsi atau sering kejang, atau kelainan otak lainnya bisa diperiksa di RS Al Irsyad,” katanya. (Sdi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat