Kesehatan Pencernaan Jadi Komponen Penting Tumbuh Kembang Anak

Selain dari nutrisi, kesehatan pencernaan juga menjadi komponen penting dalam tumbuh kembang anak. Karena di dalam pencernaan terdapat kolonisasi bakteri baik yang berpengaruh dalam imunitas anak.

Pencernaan yang sehat memiliki peran penting terhadap kesehatan anak secara keseluruhan. Mengutip dari penelitian dalam jurnal Clinical & Experimental Immunology, sistem pencernaan memegang peranan sebesar 70 persen dalam kesehatan tubuh manusia secara utuh.

Saluran cerna adalah organ dalam tubuh yang juga berpengaruh terhadap imunitasnya.

Mengenai kesehatan pencernaan ini, telah diungkap oleh Dokter Spesialis Anak dr. Atilla Dewanti, dalam acara webinar bertajuk Pentingnya Kesehatan Pencernaan Bagi Imunitas Si Kecil.

“Semakin banyak bakteri baik di saluran cerna, maka semakin sehat saluran cerna si kecil,” ungkap dr. Atilla, dilansir dari suara.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan saluran cerna anak agar tetap sehat, dibutuhkan beberapa sumber makanan yang juga sehat. Salah satunya yakni sumber probiotik dan prebiotik.

“Prebiotik itu apa saja? Ada di makanan sehari-hari. Yang paling mudah itu ada di bawang putih dan merah. Jadi kalau lagi masak di rumah, bumbu bawang ini sudah jadi sumber prebiotik buat kita,” lanjutnya.

Mengenai probiotik, dr. Atilla mengatakan bahwa 60 persen usus bayi usia satu bulan pertama didominasi oleh probiotik Bifidobacterium. Probiotik ini sudah dimiliki sebesar 21 persen sejak hari pertama bayi lahir secara per vaginam. Probiotik ini akan meningkat sebesar 100 persen pada anak berusia 3 tahun.

“Jika pada saat bayi diberikan ASI, maka semakin banyak produksi probiotik nya,” ungkapnya.

Namun ada perbedaan pada probiotik anak yang lahir secara sesar. Di mana jumlah probiotik Bifidobacterium jauh lebih rendah jika dibandingkan usus bayi yang lahir secara normal.

“Kalau bayi yang lahir secara normal probiotiknya banyak banget, tapi kalau lahir secara sesar, itu sangat sedikit. Jadi sangat signifikan perubahan Bifidobacterium nya,” pungkasnya. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat