Keracunan, Ketahui Pertolongan Pertama yang Tepat

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Pertolongan pertama pada kasus keracunan menjadi hal perting yang perlu diketahui oleh tiap orang. Pasalnya, pertolongan pertama yang tepat dan membantu menyelamatkan nyawa seseorang yang keracunan. Lalu, bagaimana cara memberikan pertolongan pertama itu?

Ketika seseorang mengalami keracunan, maka langkah pertama yag harus dilakukan adalah memberikan air putih lebih banyak atau mengonsumsi oralit jika gejala yang muncul pada kasus keracunan adalah muntah dan diare. Langkah ini dilakukan dengan tujuan menjaga tubuh dari dehidrasi.

Namun, jika pada gejala yang parah, seperti muntah tak tertahankan, berlangsung dalam intensitas lama dan muntahan banyak, maka menurut Dokter spesialis emergensi dan peneliti di Litbangkes Kementerian Kesehatan, Tri Maharani, sebaiknya seseorang yang keracunan langsung mendapatkan perawatan medis.

Idealnya, orang keracunan langsung dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan dan mendapat perawatan di Unit Gawat Darurat (UGD). Dengan begitu, dokter akan memastikan jenis racun apa yang masuk ke tubuh dengan melakukan pemeriksaan toxidrome, seperti memeriksa bau napas apakah berbau segar seperti buah, atau berbau busuk, serta melihat pupil mata pasien.

Selain itu, dokter juga akan melangsungkan pemeriksaan lanjutan dengan memeriksa kandungan dalam feses atau muntahan. Dengan segera mendapatkan perawatan medis, dokter akan dapat memberikan pertolongan pertama yang tepat, sesuai dengan jenis racun yang masuk dalam tubuh.

Sementara itu, mengonsumsi susu atau air kelapa selepas keracunan untuk menyembuhkan sangat tidak direkomendasikan. Pasalnya, tak semua racun bisa dinetralkan oleh susu maupun air kelapa.

“Setiap racun punya antidote (penangkal), tidak semua racun bisa netral dengan minum susu, atau dengan minum air kelapa. Tindakan yang tepat adalah membawanya ke fasilitas pelayanan kesehatan,” pungkas Tri.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat