Kenali Tanda Anda Mengidap Penyakit Celiac

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Ada beberapa orang yang enggan memakan produk rerotian karena memang tidak suka atau memiliki penyakit Celiac. Jika Anda tak segera menyadari mengidap penyakit ini, maka penyakit ini berpotensi menimbulkan komplikasi GERD hingga osteoporosis.

Penyakit Celiac merupakan salah satu penyakit autoimun yang menyebabkan penderitanya hipersensitif terhadap kandungan gluten. Penyakit ini menyerang sel T dalam tubuh dan menyerang jaringan atau organ sebagai respons terhadap keberadaan gluten dalam biji-bijian. Jika dibiarkan, maka penyakit ini dapat merusak usus kecil dan menyebabkan komplikasi kesehatan serius.

“Setelah diaktifkan oleh gluten, sel T ini akan mendatangkan malapetaka pada sejumlah sistem organ, termasuk usus, kulit, dan sistem hematologi serta dapat meningkatkan risiko penyakit limfoma,” tutur dr. Tania Elliott, Juru Bicara American College of Allergy, Asthma, and Immunology, dikutip dalam Heathline.

Agar tak telat ditangani, maka kita perlu menyadari tanda-tanda dari penyakit Celiac dalam tubuh kita. Berikut ini tanda umum yang dialami oleh orang yang memiliki penyakit Celiac dilansir dari Celiac Disease Center:

Anemia

Anemia adalah kondisi tubuh kekurangan kekurangan zat besi dan mineral, namun selain kekurangan zat tersebut, bisa jadi anemia adalah tanda seseorang memiliki penyakit Celiac. Jika Anda mengidap anemia, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di usus kecil.

Sulit Berkonsentrasi

Penyakit Celiac juga dapat membuat penderitanya sulit konsentrasi. Otak akan bermasalah saat antibodi diproduksi tubuh sebagai respons untuk melawan gluten. Karenanya, para penderita penyakit Celiac perlu mengonsumsi makanan yang bebas gluten.

Mudah Putus Asa

Merasa mudah putus asa juga dapat menjadi tanda umum orang memiliki penyakit Celiac. Mereka akan lebih merasakan depresi dan kecemasan. Karena, penyakit ini juga mengganggu suasana hati seseorang.

Patah Tulang

Jika Anda merasa tulang-tulang rapuh, hal ini juga menjadi tanda umum penyakit Celiac. Berdasarkan Journal of Endocrinology & Metabolism di tahun 2014, penderita Celiac berisiko mengalami fraktur atau patah tulang sebesar 30 persen. Risiko patah tulang terbesar ada pada bagian pinggul sebesar 69 persen.

Patah tulang yang dialami ini bisa jadi dikarenakan tubuh tidak mudah mencerna kalsium dikarenakan usus kecil terganggu.

Mati Rasa

Jika seseorang mengalami masalah keseimbangan seperti mati rasa, kesemutan di tangan dan kaki, tanda ini dapat berkaitan dengan penyakit Celiac. Pada studi yang dilakukan di Inggris di tahun 2012, perlakuan MRI pada otak pasien penderita Celiac ditemukan bahwa otak mengalami perubahan. Perubahan ini mempengaruhi keterampilan motorik dan kognitif.

Untuk itu, apabila Anda merasakan gejala-gejala di atas, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Karena, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi serius pada organ-organ tubuh. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat