Kenali Penyebab Alergi bagi Tubuh

Penyebab aergi pada orang Indonesia dan alergi pada orang yang tinggal di luar negeri, khusunya mereka yang tinggal di negara 4 musim, memiliki perbedaan.

Perbedaan tersebut terletak pada alergennya yang merupakan zat pencetus alergi. 

Dikutip dari Kementerian Kesehatan, zat pencetus alergi pada orang yang tinggal di luar negeri khususnya yang memiliki 4 musim, berupa polen atau serbuk sari tanaman. Karena biasanya pada saat musim bunga polen-polen beterbangan.  

Sedangkan Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan, sehingga bunga tumbuh sepanjang tahun. Di Indonesia ada polen, tapi tidak sebanyak di negara 4 musim yang musim bunganya intens dalam satu waktu. 

Disebutkan, alergi pada mayoritas orang Indonesia umumnya disebabkan oleh tungau debu rumah oleh fesesnya yang mengandung protein.

Reaksi yang ditimbulkan akibat alergi tungau debu rumah antara lain asma, pilek alergi yang disebut trinitis alergi, dermatitis atopik yang juga disebut eksim alergi.

Anafilaksis merupakan alergi yang mengancam nyawa atau jiwa. Gejala yang dialami seseorang ketika terindikasi anafilaksis bisa terjadi secara tiba-tiba.

Jika terjadi anafilaksis pada pasien, pengobatannya harus segera diberikan agar dapat tertangani. (Sdi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat