Kenali Penyakit Radang Panggul yang Serang Organ Reproduksi Perempuan

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Beberapa perempuan terkadang mengeluhkan sakit atau nyeri di sekitar pinggang dan panggul. Jika hal itu kerap dirasakan, maka hal itu perlu diwaspadai. Bisa jadi keluhan tersebut menjadi gejala penyakit radang panggul atau Pelvic Inflammatory Disease (PID).

Radang panggul adalah suatu infeksi yang menyerang organ reproduksi perempuan dimana serviks (leher rahim), uterus (rahim), tuba falopi (saluran indung telur), dan ovarium (indung telur) terjangkit infeksi.  Umumnya, penyakit ini disebabkan oleh komplikasi berbagai infeksi menular seksual seperti klamidia dan gonore.

Klamidia dan gonore merupakan salah satu jenis bakteri yang menyebabkan infeksi pada leher rahim. Bakteri ini juga menyebar dari vagina hingga reproduksi bagian atas dan cenderung lebih cepat menyebar saat menstruasi. 

Ketika terkena penyakit radang panggul, sebenarnya organ reproduksi yang terjangkit infeksi tidak selalu menimbulkan gejala. Hal inilah menjadikan penyakit radang panggul sulit untuk dideteksi. 

Namun, ada beberapa gejala umum yang bisa dirasakan seperti nyeri pada perut bagian bawah, nyeri ketika buang air kecil, nyeri pada daerah panggul, hingga nyeri saat berhubungan seksual. Selain itu, keputihan yang berwarna kuning atau hijau juga patut diwaspadai karena bisa jadi pertanda bila organ reproduksi terinfeksi.

Sebaiknya, lakukan pap smear (pendeteksian adanya kanker serviks) untuk mengetahui gejala awal terjadinya infeksi di leher rahim. Selain itu, untuk upaya pencegahan, maka disarankan untuk membatasi penggunaan sabun kewanitaan agar pertumbuhan bakteri di area kewanitaan tidak terganggu.

Sementara itu, beberapa faktor utama terjadinya penyakit radang panggul antara lain:

Penggunaan Alat Kontrasepsi Rahim 

Sebagian perempuan memilih untuk menggunakan alat kontrasepsi di dalam rahimnya. Akan tetapi, perlu pula mewaspadai terkait alat tersebut, karena bisa meningkatkan risiko penyakit radang panggul.

Aktivitas Seksual yang Berlebihan

Aktif secara seksual bagi perempuan rentan terjangkit penyakit radang panggul, terlebih bila dilakukan dengan cara yang terlalu berlebihan.

Memiliki Riwayat Radang Panggul 

Jika sebelumnya perempuan telah memiliki riwayat penyakit radang panggul, maka akan memiliki risiko untuk terjangkit kembali. Untuk itu, agar  tak terjangkit lagi, antibodi memiliki fungsi dan peranan penting dalam pengobatan penyakit ini. 

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat