Kenali Gejala Kanker Ovarium yang Kerap Lalai Disadari

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Artis papan atas Indonesia, Feby Febiola sempat divonis memiliki kanker ovarium. Gejala-gejala kanker ini ternyata sulit dilihat dengan kasat mata. Beberapa ahli pun menyarankan agar perempuan rutin melakukan USG untuk mencegah sel kanker berkembang lebih ganas.

Biasanya, pasien baru mengetahui mengalami kanker ovarium saat tak sengaja melakukan medical check up atau pemeriksaan USG kehamilan. Karenanya, kanker ovarium dijuluki pula sebagai silent killer, sebab tidak menimbulkan gejala yang khas ketika masih stadium awal.

Dipaparkan oleh dr. Ariefandy Pambudi, Sp.OG, dokter spesialis obstetri dan ginekolog RS Al Irsyad, keluhan awal yang biasa dirasakan adalah perut yang terasa kembung. Dan karena hanya merasa kembung sekaligus rendahnya kesadaran akan penyakit ini, maka pasien tidak akan sampai berpikir bahwa ternyata ia mengidap kanker.

Pada beberapa orang, gejala lain kanker ovarium juga bisa ditandai dengan adanya gangguan siklus haid. Di mana setelah masuk stadium lanjut, barulah gejala mulai semakin parah, seperti menimbulkan gejala mual, muntah, nafsu makan menurun, dan berat badan turun secara drastis.

Pasien juga akan menjadi mudah lelah, perut yang mudah kembung, dan terkadang ada gangguan BAB. Jika gejala tersebut nampak, maka pasien sudah berada di stadium lanjut dan ukuran tumor sudah besar.

Karena belum adanya suatu metode pendeteksian dini, setiap perempuan yang mempunyai anggota keluarga dengan riwayat kanker ovarium, misalnya ibu atau neneknya yang secara keturunan garis langsung, sebaiknya melakukan pemeriksaan genetik. Pemeriksaan ini pun tak hanya untuk mengetahui potensi kanker ovarium, namun juga kanker payudara maupun kanker rahim.

Selain itu, bagi perempuan yang sudah menikah, memiliki anak, atau telah aktif berhubungan seksual, juga sebaiknya dibiasakan rutin melakukan pemeriksaan USG.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916.

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat