Kenali Endodontik, Perawatan Saluran Akar Pada Gigi

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Ada sebagian orang yang tidak ingin giginya dicabut, atau bahkan enggan bila harus memakai gigi palsu. Maka solusi paling tepat adalah melakukan perawatan saluran akar pada gigi, atau bahasa medisnya endodontik.

Menurut Dokter Spesialis Konservasi Gigi, drg. Nirawati Pribadi, M.Kes., Sp.KG (K), mengatakan bahwa endodintik merupakan perawatan yang meliputi pembersihan saluran akar gigi dari saraf yang bertujuan untuk mempertahankan dan memperbaiki gigi selama mungkin.

“Endodontik itu adalah perawatan saluran akar yang bertujuan untuk mempertahankan gigi selama mungkin, misalnya ada sisa akar yang sedikit atau separuh dari akar gigi itu masih bisa dipertahankan dengan dilakukan perawatan syaraf saluran akarnya, kemudian nanti disambung dengan pasak,” ungkap Dokter yang bekerja di Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya.

Kasus yang sering terjadi adalah pada pasien yang mengalami gigi berlubang yang sudah sangat besar hingga mengalami infeksi mencapai ruang saraf gigi atau menjalar sampai ke akar gigi. Sehingga tidak dapat ditambal lagi dan harus dicabut atau melakukan perawatan saluran akar.

“Kalau sudah gigi lubang besar dan tidak memungkinkan untuk ditambal, pilihannya tinggal dua, dicabut dan diganti gigi palsu atau menjalani perawatan saluran akar,” tutur drg. Nirawati.

Setelah melakukan pembersihan pada saluran akar gigi dari saraf, pembuluh darah dan jaringan lainnya yang sudah terinfeksi, maka selanjutnya dapat dilakukan penghalusan dinding-dinding saluran akar gigi sampai keadaanya steril.

“Setelah perawatan selesai maka dapat dilakukan pemasangan atau penambalan mahkota gigi menggunakan bahan tambal sesuai kondisi akhir gigi masing-masing pasien,” lanjutnya.

Endodontik ini memerlukan waktu kunjungan tidak hanya satu hari. Kunjungan diperlukan tergantung tingkat keparahan penyakit, variasi bentuk saluran akar gigi, serta daya tahan ttubuh pasien.

“Perawatan biasanya bisa dilakukan sampai 5 kali kunjungan. Tapi tidak menutup kemungkinan dapat diselesaikan dalam satu kali kunjungan atau one visit endodontic treatment, ini biasanya pada orang-orang yang sibuk dan hanya memiliki waktu singkat,” terangnya.

Jika saluran akar gigi belum steril dan pasien masih merasakan sakit atau tidak nyaman, maka perawatan saluran akar belum bisa dikatakan selesai dan harus dilakukan pengulangan pembersihan saluran akar gigi.

Proses perawatan saluran akar gigi harus dilakukan tuntas sampai ke ujung akar gigi, sebab jika kedalamannya kurang berarti masih ada kuman yang terjebak di dalamnya. Sehingga di masa yang akan datang, mungkin saja timbul rasa sakit kembali.

Tak hanya melayani pasien umum, RS Al Irsyad Surabaya tentunya juga melayani pasien BPJS untuk perawatan saluran akar atau endodontik. Sehingga bagi pasien yang mengeluhkan sakit gigi berlubang yang sudah parah dan enggan untuk dicabut, maka disarankan menjalani perawatan endodontic. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat