Kegiatan Lari Pagi Bisa Jadi Cara Ampuh Kurangi Stres

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Setelah berjibaku dengan pekerjaan, biasanya seseorang akan mengalami stres dan butuh penyegaran tubuh serta pikiran. Salah satu yang bisa dilakukan ialah, dengan rutin berkegiatan lari pagi secara sederhana.

Bekerja selama 8 jam per hari dapat berujung stres jika kita tidak memahami bagaimana batasan diri sendiri. Ketika batasan tersebut dicapai, sebaiknya kita beristirahat dan menyegarkan tubuh serta pikiran. Penyegaran tersebut pun dapat dengan mudah dilakukan dengan lari pagi.

Selain ampuh mengurangi stres, lari pagi baik untuk kesehatan jantung. Dilansir dari Oxfordshire City Council, berikut ini manfaat dari lari pagi:

Membangkitkan mood

Olahraga apa pun bisa membuat tubuh Anda melepaskan hormon endorfin. Hormon endorfin ini akan membuat Anda merasa bahagia. Anda akan merasa ingin berlari lagi secara rutin, dan juga merasa lebih positif dan berenergi untuk menjalani hari.

Keluar rumah setiap pagi akan melatih diri Anda untuk lebih sadar akan tubuh, pikiran, dan perasaan Anda. Anda akan merasa jauh lebih tenang dalam menghadapi hari Anda, serta dapat mengurangi stres.

Meningkatkan kualitas tidur

 Lari pagi meningkatkan tubuh Anda untuk terpapar sinar matahari pagi. Studi menunjukkan bahwa orang yang bangun lebih pagi akan memiliki jam biologis yang lebih teratur, sehingga bisa tidur lebih cepat di malam hari.

Sebuah studi pada tahun 2014 yang dipublikasikan di NCBI pun menyebutkan, bahwa orang yang berolahraga di pagi hari memiliki fase deep sleep yang lebih panjang daripada yang berolahraga di malam hari.

Studi lain yang dipublikasikan melalui NCBI pada 2012 menemukan bahwa orang yang berlari setiap pagi selama tiga minggu berturut-turut melaporkan kualitas tidur dan fungsi psikologis yang lebih baik.

Memberi waktu bersantai di malam hari

Beberapa orang lebih suka berolahraga sepulang dari kantor di sore hari atau setelah beraktivitas. Namun, terkadang setelah pulang bekerja badan sudah lelah dan ingin beristirahat. Dengan melakukan lari pagi, Anda sudah melakukan olahraga harian Anda dan tinggal menggunakan waktu malam untuk bersantai bersama keluarga.

Nyaman dan ekonomis

Lari pagi tidak membutuhkan peralatan atau ruangan khusus seperti jika berolahraga di gym. Anda bisa lari pagi dengan nyaman sambil menghirup segarnya udara pagi dibandingkan berolahraga di dalam ruangan.

Selain itu, lari pagi hanya membutuhkan sepasang sepatu lari. Anda tidak perlu membayar mahal untuk biaya anggota tahunan di pusat kebugaran atau gym. Pada akhirnya, berolahraga di pagi hari atau sore hari akan bergantung pada pilihan Anda. Hal yang lebih penting dari sekadar pemilihan waktu berolahraga adalah konsistensi untuk tetap rajin berolahraga.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad.  (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat