Kebermanfaatan Buah Pisang untuk Fungsi Otak

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Buah pisang yang tumbuh dengan baik di Indonesia ternyata memiliki beragam kandungan bergizi, salah satunya baik untuk otak. Hal itu dikarenakan pisang mengandung zat serotonin yang berfungsi untuk mencerdaskan otak si kecil.

Tak hanya itu, pisang juga memiliki kandungan fosfor dan kalium yang baik untuk kesehatan tulang dan sebagai antioksidan kesehatan sel-sel dalam tubuh.

Ahli gizi dari Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya, Anisa Wahyuningtyas Agustim, A.Md. Gz, mengatakan bahwa mengonsumsi pisang memang bermanfaat untuk otak. Pisang dapat membantu mencegah penggumpalan darah di otak.

“Kadar pottasiumnya yang tinggi dapat membantu menjaga kadar oksigen dalam otak, serta kandungan vitamin B6 pun dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif,” papar perempuan yang dipanggil Nisa tersebut.

Mengutip dari Nusantaranews, mengonsumsi 100 gram pisang mampu menghasilkan zat serotonin sekitar 1,7 mg. Kandungan serotonin ini berguna untuk meningkatkan kemampuan otak dalam berkonsentrasi. Zat ini juga dikenal sebagai hormon yang memicu rasa bahagia.

Anak yang rajin mengonsumsi pisang akan membantu meningkatkan daya ingatnya. Mereka akan lebih rajin saat berada di sekolah, aktif di kelas, dan tidak cepat lupa, sekaligus membantu dalam aktivitas di luar sekolah.

Selain itu, zat serotonin dalam pisang juga berguna untuk menjaga berat badan, membantu pencernaan dan mampu menjaga kesehatan tulang dan gizi.

Di dalam pisang juga mengandung 68% air, 25% gula, 2% protein, 1% lemak dan serat selulosa. Tak hanya itu, pisang juga memiliki vitamin A dan vitamin B meliputi; B1, B2, B6 dan 12 (100 mg per seratus gram).

Selain bermanfaat bagi otak, ternyata serat yang terdapat dalam pisang, mampu membantu melancarkan gerakan usus halus pada anak, sehingga akan terhindar dari sembelit dan diare. Pisang juga dapat meningkatkan produksi probiotik atau bakteri ramah yang hadir dalam usus besar.

Bakteri ini, selain memperbaiki penyerapan nutrisi dalam tubuh, juga mampu melindungi dari mikroorganisme berbahaya di saluran pencernaan.

Akan tetapi, Nisa menyarankan agar memberikan batasan dalam mengonsumsi pisang. “Untuk pembatasan konsumsi pisang pada anak-anak sebaiknya 1-2 pisang perharinya, sedangkan untuk orang dewasa sekitar 3 biji perhari,” saran Nisa, Ahli Gizi bagian ruang anak di RS Al Irsyad Surabaya.

Dari paparan di atas, maka tak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi buah pisang mulai saat ini, selain karena mampu mencerdaskan otak, buah pisang juga memiliki manfaat lain yang bagus untuk tubuh kita. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat