Kata Dokter Spesialis Kejiwaan Tentang Permasalahan Kesehatan Jiwa di Indonesia Saat Ini

Rsalirsyadsurabaya.co.id –   Permasalahan kesehatan jiwa menjadi masalah kesehatan yang belum terselesaikan di tengah-tengah masyarakat, baik di tingkat global maupun nasional. Terlebih di masa pandemi COVID-19, permasalahan kesehatan jiwa akan semakin berat untuk diselesaikan.

Dokter Spesialis Kejiwaan di RS Al Irsyad Surabaya, dr. Azimatul Karimah, Sp.KJ (K) menyampaikan bahwa 60% masyarakat mengalami masalah psikologis selama pandemi COVID-19. Dampak dari pandemi COVID-19 ini tidak hanya terhadap kesehatan fisik saja, namun juga berdampak terhadap kesehatan jiwa dari jutaan orang, baik yang terpapar langsung oleh virus maupun pada orang yang tidak terpapar.

Dari hasil pemeriksaan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) didapatkan lebih dari 60% masyarakat Indonesia mengalami kecemasan, depresi, dan trauma.

Kondisi kecemasan ditandai dengan keluhan sulit tidur, perasaan tegang dan was-was sepanjang hari, takut tertular, takut menularkan, takut mengalami kondisi fisik yang berat, sampai dengan kematian, sulit konsentrasi, otot tegang, nafsu makan menurun dan gelisah.

Sedangkan kondisi depresi ditandai dengan perasaan murung dan sedih berkepanjangan, berkurangnya energy dan kegembiraan, perasaan terisolasi, tidak bersemangat, keputusasaan, sampai dengan ide kematian.

Sementara itu, untuk kondisi trauma ditandai dengan perasaan tegang berlebihan, mimpi buruk, mengalami kembali perasaan-perasaan dari pengalaman buruk sebelumnya, dan perilaku penghindaran terhadap stimulus-stimulus yang menyebabkan kondisi yang lebih buruk.

“Kondisi ini sebetulnya wajardalam situasi bencana namun sering kali kondisi ini menjadi berkepanjangan dan mengganggu fungsi dan aktivitas sehari-hari,” ujarnya.

Oleh karena itu, janganlah ragu-ragu untuk berkonsultasi untuk memastikan kesehatan mental Anda.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat