Kapan Waktu Tepat Periksakan Kehamilan ke Dokter untuk Pertama Kali?

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Ibu hamil kerap tak sabar untuk memeriksakan kehamilan ke dokter, apalagi jika itu adalah kehamilan anak pertama. Sebelum memeriksakannya, sebaiknya ibu hamil perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memeriksakan kehamilan ke dokter untuk pertama kali.

Terkadang tanda kehamilan kerap tak diketahui sehingga ibu hamil tak sadar jika mereka sedang hamil. Jika Anda telah mengalami gejala-gejala tanda kehamilan di luar terlambat haid, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kehamilan secara mandiri dengan menggunakan alat tes kehamilan dari urine.

Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Al Irsyad Surabaya, dr. Ariefandy Pambudi, Sp.OG menyampaikan jika hasil yang didapat adalah negatif atau bahkan positif namun Anda masih ragu, maka bisa pula melakukan tes kehamilan melalui darah untuk mengetahui kadar hormon progesteron dan beta hCG.

Hormon progesteron sendiri sangat berperan penting pada trimester pertama kehamilan, dr Ariefandy menyebut beberapa fungsinya, seperti membangun dan menjaga lapisan rahim tempat sel telur melekat, memberi nutrisi pada janin, dan memperkuat lapisan dinding rahim.

Jika hasil pemeriksaan secara mandiri tersebut menyatakan bahwa Anda positif hamil, maka segeralah periksakan kehamilan Anda ke dokter. Begitu pula bila hasilnya negatif, namun Anda merasakan tanda-tanda kehamilan dan haid datang terlambat, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Ketika melakukan kunjungan ke dokter, maka ada baiknya jika menyiapkan berbagai pertanyaan yang perlu dikonsultasikan dengan dokter. Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu dapat menjawab dan membantu ibu hamil untuk masa kehamilan sembilan bulan ke depan.

Salah satu yang perlu dikonsultasikan adalah tanda dan perubahan tubuh selama hamil. Anda juga perlu bertanya mengenai hal-hal tidak normal yang terjadi selama kehamilan untuk berwaspada. Dan jangan lupa tanyakan bagaimana cara mencegahnya.

“Ajukan beberapa pertanyaan yang Anda tidak mengerti, seperti tentang tanda-tanda kehamilan yang menganggu aktivitas sehari-hari Anda atau terkait perubahan tubuh di setiap trimester. Dan yang terpenting, jangan lupa tanyakan solusi untuk mencegah masalah serius selama hamil,” pungkasnya.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk konsultasi bersama dr. Ariefandy Pambudi, Sp.OG dapat dilakukan pada jadwal yang dapat Anda lihat di sini. Mengenai informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, Anda dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat