Jangan Sembarangan Berikan Oralit pada Anak, Begini Aturannya

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Diare sering kali terjadi pada anak dan bisa pula berakibat fatal. Pemberian oralit pun menjadi salah satu solusi untuk mencegah diare atau sebagai pertolongan pertama. Akan tetapi, pemberian oralit pada anak tak bisa dilakukan sembarangan.

Oralit digunakan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare. Oralit juga digunakan sebagai pengganti elektrolit di dalam tubuh, dengan bahan yang terbuat dari campuran garam elektrolit, gula, dan air. Garam elektrolit berfungsi sebagai penyeimbang elektrolit yang ada di dalam tubuh.

Dokter Spesialis Anak RS Al Irsyad Surabaya, dr. Nurita Alami Dwi Wijayanti, Sp. A, menyampaikan tentang aturan konsumsi oralit, yakni dengan mencampurkan bubuk oralit dengan 200 ml air. Namun, dosis pemberian oralit ini akan saling berbeda satu sama lain berdasarkan usia pasien.

Dosis oralit untuk bayi pada 4 jam pertama adalah:

  • 30 hingga 90 ml setiap jam bagi bayi di bawah 6 bulan.
  • 90 hingga 125 ml setiap jam untuk bayi berusia 6 bulan hingga 2 tahun.
  • Minimal 125-250 ml setiap jam untuk anak berusia di atas 2 tahun.

“Untuk anak usia 5-12 tahun, pemberian dosis oralit bisa ditingkatkan ke 6 gelas pada 3 jam pertama, dan 1,5 gelas setelah diare. Sedangkan,  untuk anak-anak usia 12 tahun ke atas, bisa diberikan 12 gelas pada 3 jam pertama, selanjutnya 2 gelas setiap diare,” terangnya.

Sementara itu, dr Nurita juga menyarankan agar orang tua waspada saat memberikan oralit oralit pada bayi di bawah 1 tahun. Akan lebih baik jika bayi mendapatkan penangan dokter jika mengalami diare sebisa mungkin tak sembarangan diberikan obat.

Bila bayi memperlihatkan tanda-tanda dehidrasi, orang tua disarankan untuk memberikan asupan Air Susu Ibu (ASI) yang lebih agar bayi tidak kekurangan cairan.

Berdasarkan aturan yang diterapkan IDAI, dosis oralit yang aman untuk bayi adalah 30-90 ml setiap jam. Dosis ini khusus diberikan untuk bayi di bawah 6 bulan. Bila bayi kesulitan menelan larutan oralit, maka berikan 1 sendok makan larutan untuk setiap 5 menit. Berikan terus larutan oralit selama 4-24 jam sampai diare berkurang.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat