Jangan Dibuang, Ini Manfaat Bagian Tengah Nanas

Banyak orang yang menyukai kesegaran dari buah nanas. selain daging buahnya yang nikmat ternyata bagian tengah yang keras pada nanas juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bagian tengah nanas kerap disisihkan atau bahkan dibuang karena memiliki tekstur yang keras dan sulit untuk dikonsumsi. Tetapi ada baiknya jika tidak menyepelekan khasiat yang terkandung dalam bagian tersebut.

Kandungan bromelin yang terdapat pada bagian tengah nanas sangat bermanfaat bagi tubuh. Sehingga perlu berpikir ulang jika harus membuangnya. Mengutip dari Liputan6.com, berikut ini beberapa manfaat yang terdapat pada bagian tengah nanas yang keras bagi kesehatan tubuh.

Membantu Mengatasi Kanker Usus

Kandungan bromelin yang terdapat pada bagian tengah nanas yang keras berfungsi sebagai anti kanker usus. Zat tersebut mampu melunakkan dinding-dinding sel sehingga obat dapat secara maksimal masuk ke inti sel pada penderita kanker usus.

Sebagai Anti Kanker

Selain kanker usus, ternyata bagian tengah nanas ini cukup dikenal sebagai anti kanker. Segala jenis kanker dapat ditanggulangi dengan mengonsumsi bagian nanas ini.

Kandungan bromelin yang terkandung di dalamnya itu, bersifat anti kanker yang masih diperlukan dan seringkali digunakan untuk mengobati beberapa bentuk penyakit. Manfaat bagian tengah nanas ini mirip dengan manfaat yang terdapat pada daun kelor untuk kanker.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Tidak hanya ampuh dalam mengobati kanker, bagian tengah nanas yang keras juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol yang jahat. Meskipun tidak langsung secara konsisten dalam menurunkan namun bagian ini juga merupakan salah satu bahan penurun kolestrol yang baik. Mengonsumsi bagian tengan tersebut tidak memiliki efek samping apbila dikonsumsi dalam jangka panjang.

Bantu Pengobatan Penyempitan Pembuluh Darah

Manfaat lain yang terrdapat pada bagian tengah nanas yang keras adalah dapat membantu dalam proses pengobatan penyempitan pembulu darah.

Hal dikarenakan adanya susunan senyawa yang terdapat di dalam bromelin yang bisa membantu mengatasi kondisi penyumbatan. Selain itu, kandungan vitamin C juga berperan dalam membantu menstimulus tubuh agar dapat secara alami melakukan pengobatan dalam penyumbatan pembuluh darah.

Apabila tidak menyukai bagian tengah nanas yang keras tersebut, maka dapat menyiasatinya dengan menghaluskannya. Nanas dikupas terlebih dahulu kemudian memisahkan bagian tengah nanas atau bonggolnya ini lalu diblender agar bagian tersebut halus. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat