Jadi Buah yang Disebutkan dalam Al Qur’an, Ini Beragam Manfaat Buah Tin

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Salah satu buah yang disebutkan dala Al Qur’an adalah buah Tin, yakni dalam surat At-Tiin. Buah tersebut memiliki beragam manfaat yang baik kesehatan tubuh karena kaya akan kandungan yang bergizi,

Dalam surat tersebut, Allah subhanahu wa ta’ala bersumpah sesuatu yang agung dengan memakai nama buah Tin. Hal tersebut tertulis pada ayat pertama surat At-Tiin, yang artinya: “Demi (buah) Tin, dan (buah) Zaitun”.

Sementara itu, sebuah studi juga telah membuktikan bahwa buah tin ini mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, kalium, magnesium, tembaga, dan zat besi. Sekaligus, rendah kalori, tinggi serat, dan tidak mengandung lemak, sehingga baik untuk menjaga berat badan.

Dengan banyaknya kandungan antioksidan yang tinggi tersebut, buah ini juga ampuh mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Tak hanya buahnya yang memiliki banyak manfaat, daun dari buah tin ini juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka tak heran kalau manfaat buah tin sering digunakan untuk mengobati beberapa masalah medis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah tin salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Pada buah tin memiliki kandungan serat larut berupa pectin yang membuat buah tin memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Kesehatan jantung akan terganggu oleh kadar kolestrol dan trigliserida yang menyebabkan terbentuknya plak sehingga memicu penyempitan pembuluh darah. Selain itu, dengan adanya kandungan mineral dan senyawa dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Menjaga Saluran Pencernaan

Saluran pencernaan dapat terjaga dengan mengonsumsi buah tin. Hal ini, dilansir dari Liputan6, karena buah tin dapat mengatasi sembelit dan menurunkan risiko kanker kolon. Buah tin bisa memelihara sistem pencernaan secara keseluruhan sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah tin yang lain adalah baik untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dalam buah tin yang sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah tulang keropos.

Meningkatkan Imunitas

Selanjutnya, buah tin dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan multivitamin dan mineral ini membantu memenuhi kebutuhan nutrisi. Adanya antioksidan dalam buah tin juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel dalam tubuh.

Daun tin juga berfungsi sebagai imunomodulator. Hal ini dikarenakan daun tin dapat mengatur sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat merangsang produksi antibodi dan produksi sel limfosit sehingga mampu menghancurkan pathogen yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh sebab itu, beragam mikroba yang menyebabkan penyakit dapat ditangkal dengan mengonsumsi buah tin. Ini juga mengartikan bahwa sistem kekebalan tubuh mengalami peningkatan sehingga tubuh tidak mudah sakit. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat