Inilah Tips Tidur Nyenyak Bagi Anda Pengidap Atsma

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Bagi seseorang yang tidak memiliki masalah kesehatan, pastinya ia dapat tidur nyenyak setiap malam. Namun, berbeda halnya dengan seseorang yang menderita atsma, karena gejala-gejala atsma seperti mengi, batuk dan sesak nafas kerap membangunkan tidurnya di malam hari. Untuk itu simaklah tips yang dikutip dari hellosehat berikut agar dapat mengatasinya.

  1. Bersihkan Tempat Tidur Secara Rutin

Bagi anda yang memiliki riwayat atsma, tentunya debu dan kotoran-kotoran yang ada di tempat tidur akan memicu kekambuhan. Untuk itu, bersihkanlah debu dan kotoran-kotoran termasuk tungau dan bakteri yang ada di tempat tidur anda dengan menggunakan vacuum cleaner secara rutin.

  • Pastikan Kasur Dan Bantal Selalu Bersih

Untuk menghindari atsma anda kambuh dan mengganggu tidur nyenyak anda, usahakan membersihkan diri sebelum anda akan menuju tempat tidur, karena debu dan kotoran yang anda bawa dari luar rumah akan membuat kasur dan bantal anda kotor sehingga dapat memicu atsma anda kambuh  di tengah malam.

Selain itu, singkirkan sepatu, tas, ponsel, dan barang-barang yang lain yang anda bawa setiap hari dari sekitar tempat tidur anda. Karena barang-barang tersebut mungkin saja hinggap kotoran-kotoran yang akan memicu atsma anda kambuh.

  • Pasang Humidifier

Debu atau tungau dapat berkembang pesat dalam udara yang kering sehingga memicu reaksi alergi yang dan dapat mengakibatkan kambuhnya atsma yang anda derita. Untuk itu pasanglah pelembab udara (humidifier) dalam kamar anda sehingga jumlah debu yang masuk dalam kamar anda berkurang.

  • Ciptakan Suasana Tidur Yang Nyaman

Ketika suasana tidur anda nyaman, secara otomatis anda akan lebih mudah untuk tidru dengan nyenyak. Untuk itu usahakan matikan alat-alat elektronik seperti ponsel, laptop, tv, dan lampu. Jika anda tidak suka gelap, gunakanlah lampu kecil sebagai penerang.

  • Olahraga Sebelum Tidur

Jika dengan menjauhkan berbagai hal yang dapat memicu atsma anda kambuh dan sudah menciptakan suasana tidur yang nyaman masih belum cukup untuk membuat anda tidur dengan nyenyak. Cobalah untuk melakukan olahraga sebelum tidur.

Entah dengan melakukan meditasi atau olahraga dengan intensitas tinggi satu jam sebelum tidur. Dengan begitu anda akan merasa sangat lelah serta mata akan mulai mengantuk. Selain itu, jangan lupakan obat-obatan yang telah di resepkan oleh dokter harus di minum sesuai dengan petunjuk. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, pastinya tidur anda akan lebih nyenyak disbanding sebelumnya. (nsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat