Inilah Penyebab Flek Muncul Sebelum Menstruasi Datang

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Muncul flek sebelum jadwal menstruasi tiba kerap dialami oleh sebagian perempuan. Tak jarang perempuan merasa bingung dan khawatir akibat kemunculan flek yang tiba-tiba tersebut.

Ada beberapa faktor yang membuat flek muncul mendahului datang bulan. sebagian besar di antaranya bukan masalah yang perlu dikhawatirkan.

Berikut ini tujuh hal yang dapat memicu adanya flek sebelum memasuki masa datang bulan.

Ovulasi Tak Sempurna

Hormon menjadi salah satu penyebab kemunculan flek sebelum menstruasi. Hal itu muncul karena proses ovulasi dalam tubuh tidak berjalan dengan sempurna. Jika begitu, hormon progesteron tidak dapat dibuat sebanyak yang seharusnya.

Bila produksi progesteron tidak mencukupi selama siklus menstruasi, lapisan rahim akan luruh dalam waktu tujuh hari sebelum menstruasi. Peluruhan ini yang menyebabkan terjadinya flek sebelum datang bulan. Hormon progesteron sendiri berperan dalam menstabilisasikan lapisan rahim.

Mencoba Kontrasepsi Baru

Kontrasepsi baru juga dapat menjadi alasan munculnya flek sebelum menstruasi. Persoalan ini akan selesai dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan setelah pertama kali mencoba kontrasepsi baru.

Namun, bila masalah flek terjadi lebih lama, dokter biasanya akan menyarankan untuk menurunkan kadar estrogen yang digunakan dalam metode kontrasepsi tersebut.

Hamil

Pada perempuan hamil, flek terkadang muncul sebelum jadwal menstruasi. Oleh karena itu, perempuan yang mengalami flek namun tak kunjung mengalami menstruasi, seperti dilansir dari Republika, disarankan untuk melakukan tes kehamilan. Flek pada perempuan hamil bisa jadi merupakan hasil dari perdarahan implantasi.

Mengalami Sakit

Kemunculan flek saat sedang sakit menandakan bahwa sistem imun tubuh sedang memprioritaskan energi untuk menjaga kesehatan tubuh. Bila flek diikuti dengan nyeri, demam, atau bau vagina yang tak sedap, perempuan disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Hubungan Seksual

Kemunculan flek juga bisa disebabkan karena perempuan melakukan hubungan seksual sekitar satu pekan sebelum perkiraan menstruasi. Flek terjadi setelah hubungan seksual bisa disebabkan oleh perdarahan akibat friksi saat hubungan seksual dilakukan. Misalnya, lapisan vagina mengalami kerusakan atau hubungan seksual dilakukan tanpa lubrikasi yang benar.

Fibroid

Fibroid rahim merupakan tumor jinak yang muncul di dekat atau di dalam rahim. Perempuan dengan fibroid rahim seringkali mengalami perdarahan abnormal sebelum waktu menstruasi. Tak sedikit dari perempuan dengan fibroid rahim yang juga mengalami menstruasi dalam waktu lebih dari satu minggu.

Kanker Endometrium dan Serviks

Kanker endometrium maupun kanker serviks seringkali disertai dengan gejala perdarahan abnormal. Flek biasa umumnya hanya muncul pada siklus-siklus menstruasi tertentu. Akan tetapi pada penderita kanker endometrium maupun serviks, flek sebelum menstruasi akan terjadi di tiap siklus menstrasi. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat