Ini Alasan Mengapa Anda Harus Menutup Mulut Saat Bersin

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Salah satu bagian dari adab Islam saat bersin adalah menutup mulut. Di sisi kesehatan, menutup mulut saat bersin pun dianjurkan demi menghindari sejumlah bahaya.

Apabila tidak mampu menahan bersin, dalam ajaran Islam, maka tutuplah mulut dengan meletakkan tangan pada mulut saat bersin. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah,

“Apabila salah seorang di antara kalian menguap maka hendaklah menutup mulut dengan tangannya karena syaitan akan masuk (ke dalam mulut yang terbuka).” [HR. Muslim no. 2995 (57) dan Abu Dawud no. 5026]

Kuman Menyebar dan Bertahan Cukup Lama

Studi mengungkap saat bersin dan tak ditutup, kuman dapat terbang meluncur hingga tiga meter jauhnya. Hal ini sebagaimana hasil studi yang dilakukan oleh oleh peneliti Australia dari International Laboratory for Air Quality and Health, QIMR Berghofer Medical Research Institute dan The Prince Charles Hospital dalam detik.com.

Menurut tim, kuman-kuman yang menyebar tersebut mampu menetap dan bertahan di udara sampai 45 menit. Tim pun kemudian menyimpulkan menutup mulut saat bersin bisa jadi salah satu cara efektif cegah penularan flu.

Dalam studi ini, peneliti mempelajari bakteri pseudomonas aeruginosa. Gejala infeksi akibat bakteri ini tak sekadar flu, tapi juga meliputi pneumonia, meningitis, demam, sulit bernapas dan kelelahan.

“Begitu bersin, cairan yang terpencar ke udara akan mengering, mendingin dan menjadi cukup ringan untuk tetap berada di udara. Sebagian mengalami degradasi melalui kontak dengan oksigen di udara, sementara tetesan yang lebih besar membutuhkan waktu lebih lama untuk menguap,” tutur peneliti Prof Lidia Morawska.

Tidak Menggunakan Tangan Telanjang

Maksud dari tidak menggunakan tangan telanjang adalah dengan menggunakan sapu tangan untuk menutup mulut saat bersin. Para ahli kesehatan menyarankan penggunaan masker atau paling tidak menutup mulut dengan sapu tangan. Tangan bisa menjadi media penularan virus flu bila kita tidak segera mencuci tangan setelah bersin atau batuk.

“Bila kita menutup mulut dengan tangan saat batuk atau bersih, virus segera berpindah ke tangan. Kemudian kita menyentuh gagang pintu, perabot dan benda lain. Bila orang lain juga menyentuh benda-benda itu maka virusnya akan ikut terbawa,” kata Nick Wilson, ahli kesehatan dari Otago University sebagaimana yang dilansir dari kompas.com.

Oleh karenanya menutup mulut saat bersin selain sebagai etika, juga untuk menghindari membawa bahaya kesehatam bagi orang lain. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat