Inilah Efek Kesehatan yang Timbul Akibat Telalu Sering Bermain Game

Rs-alirsyadsurabaya.co.id –  Hingga saat ini, masih banyak orang yang senang bermain game online, dari anak-anak sampai orang dewasa. Memang menyenangkan bermain game apalgi saat sedang jenuh, namun bila terlalu sering juga dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental.

Mengutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, game online tak hanya disebut bisa menyebabkan adiksi tetapi juga bisa berbagai keluhan fisik, serta perubahan struktur dan fungsi otak.

Berikut ini paparan mengenai dampak buruk dari terlalu sering bermain game bagi kesehatan, dilansir dari kompas.com:

Kecanduan

Masalah yang pertama muncul bila terlalu banyak bermai game adalah kecanduan. Banyak studi menunjukkan bahwa obsesi yang muncul akibat terlalu banyak menghabiskan waktu bermain game online sama dengan penyalahgunaan alkohol atau narkoba.

Efek dari kecanduan ini dimanifestasikan melalui kurangnya fokus pada kegiatan sehari-hari lainnya, kurangnya perhatian di kelas, dan pemikiran yang konstan tentang permainan. Bahkan, Organiasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan kecanduan game online sebagai salah satu jenis penyakit gangguan mental (mental disorder), biasanya muncul dibarengi kelainan mental lainnya, seperti stres, depresi, serta gangguan kecemasan.

Gangguan Penglihatan

Terlalu sering bermain game, otomatis mata akan sering pula melihat layar gadget. Hal ini tentunya dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan pada organ mata, terutama penurunan penglihatan.

Kerusakan tersebut dapat terjadi karena mata manusia tidak memiliki proteksi yang cukup dari paparan sinar biru, baik yang berasal dari sinar matahari maupun peralatan elektronik. Riset dari Harvard membuktikan bahwa sinar biru telah lama diidentifikasikan sebagai sinar yang paling berbahaya bagi retina.

Selain itu, Dokter Spesialis Mata dari RS Al Irsyad Surabaya, dr. Dianawati Koesoemowardani, Sp. M, menyebutkan bahwa menatap layar gadget terlalu lama dapat mengakibatkan mata kurang berkedip sehingga jadi mata kering.

“Memang sih main gadget itu relatif mata jadi kurang berkedip karena terlalu serius melihat apalagi main game, sehingga karena kurang kedip mata jadi relatif kering,” ujarnya.

Obesitas

Tak hanya dapat mengganggu penglihatan mata, terlalu banyak bermain game ternyata membuat seseorang malas untuk bergerak. Pasalnya, hanya mata dan tangan saja yang fokus bekerja saat bermain game. Sementara bagian tubuh lainnya diam tidak bergerak.

Menurut Dr. dr. Rahayu Setianingsih F, SP. KFR, Dokter Spesialis Obesitas di RS Al Irsyad memaparkan bahwa bila seseorang terus menerus malas bergerak maka akan meningkatkan risiko obesitas. Sebab, pecandu game juga kerap menerapkan pola makan buruk. Tentunya, ini akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Sindrom Quervain

Sindrom quervain adalah kelainan yang disebabkan peradangan tendon. Akibatnya, ibu jari hingga pergelangan tangan terasa sakit. Sindrom ini disebabkan oleh aktivitas yang berfokus pada gerakan tangan berulang, salah satunya bermain video game.

Rasa sakit akan muncul bila sedang memegang atau mencubit sesuatu. Akan bertambah parah bila seseorang mencoba untuk menggerakan jempol atau memutar pergelangan tangan. Pada beberapa kasus, rasa sakit bisa menjalar ke sekujur lengan. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat