Inilah Cara Ampuh Atasi Kesemutan dan Kebas

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Beberapa di antara cara yang keliru dalam mengobati kesemutan dan kebas adalah dengan mengoleskan balsam. Padahal, ada cara yang lebih tepat, simak ulasan berikut.

“Ketika ada yang mengalami kesemutan, kebas dan kram, masih banyak masyarakat yang stop beraktivitas, membiarkan, menggunakan balsam, pijat, relaksasi serta membengkokkan atau meluruskan area yang sakit. Namun hanya 25 persen dari mereka yang mengerti manfaat vitamin neurotropik,” kata Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi, PERDOSSI (Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia) Pusat, dr. Manfaluthy Hakim, SpS(K).

Melalui laman liputan6, ia mengatakan vitamin neurotropik merupakan vitamin yang sangat diperlukan untuk menjaga sistem saraf supaya dapat bekerja dengan baik dan mengurangi terjadinya kebas dan kesemutan. Vitamin ini terdiri dari vitamin B1, B6 dan B12.

Konsumsi Vitamin yang Dibutuhkan

Studi yang telah ia lakukan membuktikan bahwa mengonsumsi vitamin B kompleks seperti B1, B6, dan B12 terbukti mampu mengurangi rasa kesemutan ataupun kebas alias ‘baal’.

“Vitamin B1, B6 dan B12 sudah terbukti dapat mengurangi neuropati atau kesemutan. Selain mengonsumsi vitamin B kompleks, makanan juga perlu diperhatikan, seperti kacang – kacangan dan danging merah,” Ujarnya.

Namun nutrisi lain juga dibutuhkan tubuh untuk mengurangi sensasi kesemutan yang kerap mengganggu aktivitas. Beberapa makanan tersebut adalah jahe.

Jahe

Jahe menghasilkan rasa yang pedas dan mampu menghangatkan tubuh. Dikutip dari Never Pain Treatment, jahe adalah pereda nyeri yang cukup ampuh dan alami. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat meredakan rasa sakit termasuk salah satunya adalah kesemutan.

Jahe merah juga dapat menyembuhkan kesemutan terutama pada bagian tangan, cara mengobati kesemutan dengan jahe merah adalah dengan merebus 30 gr jahe merah ke dalam air 700cc kemudian meminumnya 2 kali sehari.

Menggoyangkan Tangan yang Kebas

Menurut tim dokter dari hellosehat, sensasi kesemutan dapat diatasi dengan mengangkat tekanan dari bagian tubuh yang terpengaruh, misalnya dengan berdiri dan berjalan sebentar setelah duduk bersila terlalu lama, atau menggoyang-goyangkan tangan.

Hal ini akan memungkinkan suplai darah kembali normal, sehingga menghilangkan sensasi mati rasa dan menggelitik yang menyulitkan Anda. Setelahnya, kaki dan tangan akan berfungsi normal seperti sedia kala.

Kompres Air Hangat

Dikutip dari livestrong, cara ini dapat mengendurkan otot-otot dan saraf yang kaku saat kesemutan. Cara memakainya adalah celupkan handuk bersih ke dalam air hangat. Lalu kompres bagian tangan yang mati rasa. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat