Inilah Beragam Manfaat dari Minyak Kelapa bagi Kesehatan

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Segudang manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) sudah tak perlu diragukan lagi. Bahan alami dari daging kelapa ini memiliki banyak manfaat, bahkan dapat digunakan untuk menuntaskan masalah kesehatan maupun perawatan tubuh. Berikut ulasannya.

Hasil ekstrak dari daging kelapa menghasilkan minyak alami yang disebut minyak kelapa murni atau virgin coconut oil. Disebut virgin atau extra virgin karena dalam proses pembuatannya, minyak kelapa ini masih alami dan mengandung asam lemak baik (fatty acid) yang bermanfaat bagi tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan, VCO merupakan makanan paling sehat di dunia. Kandungan di dalamnya memiliki mineral zat besi, vitamin K yang mencegah penggumpalan darah, dan vitamin E sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Kandungan asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat yang terdapat dalam VCO memiliki sifat antimikroba, antioksidan, antijamur, dan antibakteri. Asam laurat merupakan kandungan yang juga ditemukan dalam Air Susu Ibu (ASI).

Kesehatan Kulit Meningkat

VCO memiliki dampak yang luar biasa pada kulit. VCO dapat digunakan sebagai pembersih wajah, pelembap, maupun tabir surya. Ini karena sifat VCO yang antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan mampu menyembuhkan luka.

Berbagai kandungan asam lemak meliputi asam laurat, asam miristat, asam palmitat, asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam linoleat, hingga asam stearat dalam VCO juga mampu menembus beberapa lapisan kulit.

Mencegah Penyakit Jantung dan Hipertensi

Selain baik untuk perawatan kulit, ternyata VCO juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan hipertensi. Dalam sebuah uji coba yang diterbitkan dalam Complementary and Alternative Medicine, seperti dilansir CNN, ditemukan bahwa konsumsi harian dua sendok makan VCO mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Oleh karenanya, mengganti minyak biasa dengan minyak ini pada masakan dapat membantu menjaga kadar trigliserida yang sehat, asalkan diiringi dengan diet sehat dan rutin berolahraga.

Menyehatkan dan Menguatkan Rambut

VCO dapat membantu pertumbuhan rambut dan memberi kilau pada rambut. Rambu tpun sekaligus menjadi lembut dan bersih dari ketombe. Proses pertumbuhan kembali rambut yang rusak juga akan sangat terbantu dengan menggunakan minyak ini.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan asam laurat (monolaurin) pada VCO terbukti dapat melawan bakteri dan menciptakan lingkungan yang terhindar dari virus. Cukup konsumsi satu sendok makan VCO sebanyak tiga kali sehari saat sakit, maka akan meningkatkan kembali sistem kekebalan tubuh seseorang.

Mencegah Karies Gigi

Berkumur dengan VCO dapat membantu menghilangkan plak gigi dan radang gusi. Ini karena VCO bersifat antimikroba sehingga dapat mematikan sebagian besar bakteri yang menyebabkan karies.

Sifat-sifat komponen aktif antiinflamasi dan antimikroba membuat VCO menjadi bahan perawatan gigi yang murah dan aman.

Mencegah Obesitas

Trigliserida dalam VCO dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. Kandungan asam lemak dalam VCO juga dapat membantu mengurangi rasa lapar. Dalam sebuah studi pada 14 pria sehat menemukan, bahwa mereka yang makan paling banyak kandungan trigliserida saat sarapan cenderung makan lebih sedikit kalori saat makan.

Melancarkan Pencernaan

Pencernaan akan lancar apabila mengonsumsi VCO karena dapat membantu pencernaan dalam menyerap komponen makanan penting yang larut dalam lemak seperti vitamin dan magnesium sekaligus dapat menghilangkan bakteri beracun yang memperburuk pencernaan dan penyebab radang lambung.

Dengan mengonsumsi minyak ini, maka akan membantu terhindar dari tukak lambung. Terlebih jika mengonsumsinya secara teratur bersamaan dengan asam lemak omega-3, maka akan membuat penyerapan bekerja lebih efektif. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat