Inilah Beragam Gejala COVID-19 yang Mengintai Kalangan Lansia

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Salah satu kelompok yang rentan terpapar COVID-19 adalah kalangan lanjut usia (lansia). Ada beberapa gejala yang perlu diketahui kelompok ini ketika terpapar COVID-19.

Staf Medis Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Soedjono mengatakan pasien lansia yang ditanganinya tak menunjukkan gejala khas COVID-19 saat pemeriksaan awal, seperti sakit tenggorokan, batuk, demam, atau sesak. Rata-rata mengalami keluhan awam seperti kehilangan nafsu makan.

Dengan demikian, pendamping lansia pun harus sensitif terhadap perubahan ini. Bahkan perubahan perilaku disertai pikun bisa menandakan ada penyakit berat di belakangnya.

“Mereka menjadi agresif yang tadinya tenang. Yang tadinya mudah mengikuti rutinitas keseharian tiba-tiba sering menolak atau mondar-mandir tidak mau ikuti rutinitas yang dilakukannya selama ini,” terangnya.

Berikut ini beberapa gejala COVID-19 pada lansia selain gejala umum menurut Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN):

1. Nafsu makan hilang tiba-tiba

2. Terjadi perubahan perilaku yang tidak biasa

3. Kehilangan kesadaran

Kendati demikian, masing-masing orang memiliki respons yang berbeda terhadap COVID-19. Sebagian besar orang yang terpapar virus SARS-CoV 2 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa perlu dirawat di rumah sakit.

Gejala yang paling umum:

– demam

– batuk kering

– kelelahan

Gejala yang sedikit tidak umum:

– rasa tidak nyaman dan nyeri

– nyeri tenggorokan

– diare

– konjungtivitis (mata merah)

– sakit kepala

– hilangnya indera perasa atau penciuman

– ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki

Gejala serius:

– kesulitan bernapas atau sesak napas

– nyeri dada atau rasa tertekan pada dada

– hilangnya kemampuan berbicara atau bergerak

Rata-rata gejala akan muncul 5-6 hari setelah seseorang pertama kali terinfeksi virus ini, tetapi bisa juga 14 hari setelah terinfeksi.

Segera cari bantuan medis jika mengalami gejala serius, termasuk gejala COVID-19 pada lansia mengingat lansia cenderung memiliki penyakit bawaan yang lebih rentan. Selalu hubungi dokter atau fasilitas kesehatan yang ingin Anda tuju sebelum mengunjunginya.

Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat