Inilah Beberapa Tips Atasi Cegukan dengan Cepat

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Seringkali cegukan muncul secara tiba-tiba dan biasanya akan sangat mengganggu. Sebenarnya kenapa cegukan dapat terjadi dan bagaimana cara menghilangkan cegukan dengan cepat dan tepat?

Cegukan dapat terjadi pada siapa saja dengan segala tingkat usia dan jenis kelamin. Umumnya, cegukan ini bisa datang kapan saja dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa memerlukan bantuan medis. Meski demikian, cegukan bisa mengganggu aktivitas sederhana seperti makan dan berbicara.

Secara medis, cegukan dikenal dengan istilah synchronous diaphragmatic flutter (SDF) atau singultus. Cegukan terjadi saat diafragma tiba-tiba berkontraksi tanpa disengaja. Pada saat yang sama, kotak suara berkontraksi dan pita suara menutup sehingga dapat menghalangi aliran udara.

Selain gangguan pada kinerja normal tubuh, aktivitas sehari-hari juga bisa menjadi penyebab cegukan, antara lain makan terlalu banyak atau cepat, minum-minuman berkarbonasi atau soda, makanan terlalu pedas, stres atau terlalu emosional, konsumsi alkohol, dan terjadinya perubahan suhu tiba-tiba.

Karenanya, beberapa cara menghilangkan cegukan dengan cepat perlu kita ketahui, di antaranya:

Atur Pernapasan dan Postur Tubuh

– Tarik napas dan tahan selama sekitar 10 detik, lalu keluarkan perlahan. Ulangi sebanyak 3 atau 4 kali. Kemudian, ulangi 20 menit kemudian.

– Posisikan lutut menempel ke dada dan peluk selama 2 menit.

– Kompres dada dengan lembut sembari mencondongkan tubuh ke depan

 Makan dan minum

– Berkumur dengan air dingin atau es.

– Letakkan sedikit gula pasir di lidah. Saat meleleh, telan gula tersebut.

– Minum air dingin/es secara perlahan.

– Minum segelas air hangat dengan sangat perlahan hingga habis tanpa bernapas.

– Ambil irisan tipis lemon, letakkan di lidah dan hisap seperti manisan.

Menekan titik tubuh tertentu

– Pegang ujung lidah dengan jari dan tarik. Cara ini merangsang saraf vagus dan meredakan kontraksi diafragma yang terkadang dapat menghentikan cegukan.

– Tekan diafragma dengan lembut.

– Beri tekanan lembut di setiap sisi hidung saat menelan.

Dalam banyak kasus, mengutip CNN, cegukan akan hilang dengan sendirinya sehingga tak perlu khawatir. Namun, jika cegukan terus berlanjut, hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan. Beberapa kondisi yang jadi pertimbangan di antaranya saat pasien tak bisa makan dengan benar, mengalami insomnia, dan memperlihatkan gejala depresi klinis.

Dokter akan meresepkan obat jika pasien mengalami kondisi tertentu sebagai cara menghilangkan cegukan. Informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat