Inilah Bahaya Konsumsi Vitamin C Berlebihan

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Vitamin C merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, oleh sebab itu seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C secara teratur. Akan tetapi, bila dikonsumsi secara berlebihan ternyata justru dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Nur Ulfah, A.Md.Gz, Ahli Gizi RS Al-Irsyad Surabaya, mengungkapkan bahwa manfaat vitamin C begitu banyak bagi tubuh, salah satu kegunaannya adalah membantu tubuh menyerap zat besi. Selain itu juga penting dalam mendukung pertumbuhan badan secara normal. Serta berperan penting membantu melindungi sel-sel tubuh, penyembuhan luka dan menjaga kesehatan jaringan ikat.

“Karena tubuh Anda tidak memproduksi dan menyimpan vitamin C, maka penting untuk memasukkan vitamin C dalam menu diet harian,” ujar wanita yang disapa Ulfah ini.

Menurutnya, orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin C sebanyak 65-90 miligram per harinya. Bila lebih dari itu, tak akan ada manfaat yang bisa didapat. Alih-alih memberikan manfaat, kelebihan konsumsi vitamin C malah menimbulkan berbagai efek samping seperti berikut.

Masalah Pencernaan

Konsumsi vitamin C secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan dalam tubuh manusia. Efek samping yang umum timbul atau terjadi akibat asupan vitamin C berasal dari suplemen makanan.

Bila asupan vitamin C yang diterima oleh tubuh berada di atas dua ribu milligram dalam sehari maka seseorang dapat mengalami diare dan mual. Hal ini juga dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit asam lambung.

Kerusakan Organ

Manfaat vitamin C yang penting dalam menyerap zat besi akan sirna begitu saja bila mengonsumsi vitamin C secara berlebihan.

“Jika berlebihan, justru dapat meningkatkan masukan zat besi dalam tubuh sehingga timbul kondisi hemokromatosis atau penumpukan zat besi yang bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti hati, jantung, pankreas, kelenjar tiroid, dan sistem saraf pusat,” terangnya.

Batu Ginjal

Kelebihan vitamin C pada tubuh akan berpengaruh pada mekanisme tubuh. Vitamin C yang berlebih akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk oksalat alias produk limbah. Oksalat umumnya keluar bersama urine.

Akan tetapi, dalam beberapa kondisi, oksalat malah saling terikat dengan mineral dan membentuk kristal yang berujung batu ginjal.

Nutrisi Menjadi Tidak Seimbang

Saat asupan vitamin C berlebihan, kemampuan tubuh mengolah nutrisi lain bisa terganggu. Kondisi ini bisa mengurangi kadar vitamin B12 dan tembaga dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan nutrisi menjadi tidak seimbang.

Risiko Radang Sendi

Sebuah studi yang dilakukan oleh Arthritis Foundation menemukan bahwa kelebihan vitamin C ternyata dapat meningkatkan risiko rheumatoid arthritis atau radang sendi.

Sehingga Ulfah menyarankan agar tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi vitamin C agar manfaatnya dapat berguna dan tak menjadi bahaya bagi kesehatan tubuh. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat