Inilah 3 Jenis Vaksin yang Tepat untuk Ibu Hamil

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Kementerian Kesehatan RI merilis beragam vaksin yang tepat diberikan untuk ibu hamil. Dosis vaksin COVID-19 ibu hamil pun telah disesuaikan dengan ketentuan merek vaksin. Vaksinasi tersebut dapat mencegah ibu hamil dari penularan virus corona yang semakin tinggi.

Dalam surat edaran Kementerian Kesehatan tentang Vaksinasi COVID-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19, terdapat tiga jenis vaksin yang sudah disiapkan untuk ibu hamil.

“Vaksin yang dapat digunakan untuk ibu hamil ini adalah vaksin Covid-19 platform mRNA Pfizer dan Moderna, dan vaksin platform inactivated Sinovac, sesuai ketersediaan,” tulis Kemenkes dalam surat edaran yang diunggah dalam laman kemkes.go.id.

Setiap vaksin mendapatkan dua dosis dengan dua kali penyuntikan. Interval tiap dosis vaksin Covid ibu hamil ditentukan oleh berdasarkan ketentuan merek vaksin.

Berikut tiga jenis vaksin COVID-19 ibu hamil:

1. Pfizer

Studi yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine menunjukkan vaksin Pfizer aman untuk ibu hamil. Studi menemukan tidak ada peningkatan risiko pada kehamilan atau komplikasi kelahiran yang diidentifikasi pada janin atau pun ibu hamil yang menerima vaksin.

Interval dosis vaksin Pfizer berselang 21-28 hari.

2. Moderna

Sekretaris Jenderal Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) profesor dokter Budi Wiweko menyampaikan bahwa studi di Amerika Serikat yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine terhadap 35 ribu ibu hamil juga mendapati vaksin Moderna aman digunakan untuk ibu hamil dan tidak ada KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang serius.

Interval dosis vaksin COVID-19 ibu hamil Moderna berselang 28 hari sampai 42 hari dari penyuntikan dosis pertama.

3. Sinovac

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan penggunaan vaksin Sinovac pada wanita hamil karena menilai manfaat vaksinasi lebih besar daripada potensi risikonya.

Interval pemberian dosis vaksin satu dan kedua Sinova adalah 28 hari.

Itulah tiga jenis vaksin COVID-19 ibu hamil beserta dosis yang aman yang telah disesuaikan oleh ketentuan merek vaksin. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat