Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Menginjak Umur 30an

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Saat memasuki usia kepala tiga, kondisi tubuh seseorang pun akan mengalami perubahan. Pada usia ini, kekuatan tulang akan mencapai titik maksimalnya. Namun, jika tidak dijaga dengan baik, risiko keropos hingga patah tulang pun bisa terjadi.

Selain itu, risiko sendi kaku pun juga turut mengancam seseorang ketika di usia kepala tiga. Medical Advisor Kalbe Nutritions, dr. Ervina Hasti W, dalam detik, mengungkap bahwa hal tersebut, kakunya sendi dan rasa pegal yang lebih mudah tak hanya karena usia. Namun, juga karena gaya hidup tidak sehat, pola makan dan istirahat yang kurang tepat.

“Saat usia 30an sebenarnya penuaan sudah dimulai. Namun, tandanya belum terlihat jelas. Biasanya yang mulai dirasakan, tubuh mulai mudah lelah, badan pegal, tulang terasa kaku meskipun melakukan aktivitas fisik yang biasa dilakukan saat muda,” paparnya.   

Oleh sebab itu, gaya hidup, pola makan dan istirahat harus benar-benar menjadi perhatian saat menginjak umur 30an.

Kemudian, di usia yang memasuki kepala tiga, juga akan terjadi penurunan massa otot dan peningkatan lemak. Hal ini menyebabkan kekuatan otot berkurang dan otot bekerja lebih keras sehingga membuat tubuh mudah lelah.

“Akan terjadi penurunan massa otot dan meningkatnya lemak secara progresif. Sekitar 3-5% per dekade. Ini membuat kekuatan otot berkurang dan akan bekerja lebih keras. Alhasil, tubuh menjadi mudah capek,” lanjutnya.

Agar tak semakin menurun kualitas kesehatan di umur 30an, mulailah hidup sehat dari sekarang. Mengatur pola makan dan gizi seimbang, bervariasi, dan mempertimbangkan betul porsi asupan serta energi yang dibuuhkan.

“Bisa juga melengkapi konsumsi harian dengan susu. Susu yang kaya nutrisi dan membantu menjaga massa otot. Bukan hanya tinggi kalsium dan vitamin D, tapi juga membantu memenuhi kebutuhan protein. Serta mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas,” ungkap Medical Advisor Kalbe Nutrition itu.

“Selain rutin berolahraga dan istirahat cukup, mulailah menghindari kebiasaan tidak sehat seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, konsumsi teh dan kopi yang berlebihan, dan kelola stress dengan tepat,” tambahnya.

Dengan menyadari hal tersebut sejak dini, ada baiknya kita mulai menata ulang gaya hidup, pola makan dan waktu istirahat. Agar menjadi pribadi yang lebih sehat dan bugar meski umur sudah menginjak 30an.(ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat