Ini Waktu Terbaik untuk Dilakukan Operasi Bibir Sumbing pada Anak

Setiap orangtua tentu berkeinginan untuk memiliki buah hati yang sehat. Namun bila bayi yang baru dilahirkan memiliki celah pada bibirnya atau yang biasa disebut bibir sumbing hingga langit-langit, orangtua tidak perlu khawatir karena kini dunia kedokteran bisa mengobatinya hingga normal.

Itu disampaikan oleh dokter spesialis bedah plastik RS Al Irsyad Surabaya, dr Nova Primadina Sp BP-RE dalam bincang medika dengan tema ‘Waktu Terbaik untuk Dilakukan Operasi Bibir Sumbing’ di radio Suara Muslim Surabaya, Sabtu (23/7/2022).

“Sebaiknya anak yang baru lahir memiliki celah bibir dan langit-langit yang terbuka, orangtuanya segera konsultasikan ke dokter agar segera dapat tertangani dengan baik,” kata dr Nova.

Ia melanjutkan, orangtua sebaiknya membiasakan anaknya yang memiliki bibir sumbing untuk menggunakan dot yang ujungnya seperti sendok.

Agar saat selesai dioperasi, anaknya tersebut dapat mengkonsumsi susu dengan menggunakan dot sendok.

“Gunakan ujung dot yang ada sendok agar bayi bisa istirahat untuk menyedot selama luka operasinya masih nyeri dan belum sembuh tanpa harus kekurangan nutrisi. Karena tidak bisa menyedot dan minum asi,” terangnya.

Biasanya, bayi yang memiliki celah di bibir akan kelihatan. Namun bila di langit-langit mulut ada lubang akan terlihat bila menghisap ASI (air susu ibu) akan keluar melalui hidung.

Diterangkannya, bibir sumbing disebabkan karena kegagalan pembentukan jaringan kulit otot di bagian rongga mulut dan hidung yang terjadi saat trimester pertama kehamilan.

Untuk mencegah bayi bibir sumbing, menurut dr Nova sebenarnya bisa didiagnosa sejak janin di dalam kandungan pada trisemester ketiga.

Pada ibu hamil, biasanya tidak ada tanda-tanda ada kelainan pada anak di dalam kandungan. Biasanya bila ada kelainan pada bayi akan terdeteksi saat USG tiga dimensi.

“Penyebab pasti bayi dengan bibir sumbing belum diketahui. Biasanya kelainan terbentuk pada trisemester pertama karena ibu kandungnya stres, kurang asam folat, vitamin B6 dan zat besi. Itu yang menyebabkan resikonya tinggi. Yang perlu dijaga adalah ibu jangan trauma dan minum obat yang tidak direkomendasikan,” paparnya.

Sebaiknya pada trisemester kehamilan pertama, obat obatan diwaspadai meskipun bibir sumbing pada bayi dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dari orangtuanya.

“Sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika membutuhkan obat-obatan saat haml, jangan minum alkohol atau merokok,” tegasnya.

Sebelum buah hati melakukan operasi bibir sumbing, menurut dr Nova yang pertama disiapkan adalah psikologis orang tua.

“Jangan minder karena itu bisa diperbaiki. Ibu baru melahirkan ada sindrom emosional. Siapa yang tidak sedih, kecewa itu pasti. Tetapi penanganan butuh waktu,” ujarnya bijak.

“Sebaiknya, operasi bibir sumbing dilakukan saat berat bayi minimal 5 kilogram dan usia minimal 3 bulan. Bila ada lubang di langit-langitnya, ditunggu tujuh bulan lagi untuk operasi langit-langitnya. Tidak bisa langsung bibir dan langit-langit karena bayi menahan sakit,” jelasnya.

Selesai operasi, peranan orangtua begitu besar untuk menjaga agar luka bekas operasi pada anaknya segera menutup.

“Bayi selesai operasi, ketika minum asi sebaiknya setiap tiga sendok minum susu maka dibilas air agar benang bekas operasi tidak jebol. Peranan orang tua sangat penting. Nanti diberi tahu cara pembersihan agar luka tertutup dengan sempurna,” lanjutnya.

Untuk operasi pada bibir sumbing dan langit-langit, dr Nova menyebutkan tidak ada pengaruh tumbuh kembang pada bayi setelah operasi jika dilaksanakan sesuai prosedur dan tahapan yang sudah ditentukan

“Penanganan bibir sumbing multifungsi. Setelah operasi maka ke dokter gigi dan speech control. Berkolaborasi tidak bisa semua ditangani langsung oleh dokter bedah plastik,” tandasnya.

Kabag Humas RS Al Irsyad Surabaya, Fadilah menyampaikan jika rumah sakit yang terletak di Jalan KH Mas Mansyur itu kini telah lengkap.

” Ada dokter gigi khusus anak, poli tumbuh kembang, terapi wicara semua sudah lengkap dan siap berkolaborasi dengan tim bedah plastik jika diperlukan. Jadi bagi orang tua yang memiliki bayi bibir sumbing tidak perlu ragu lagi apalagi malu untuk datang berkonsultasi dan berobat di tempat kami” tandasnya. (sdi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat