Ini Usia Ideal Biasakan Anak Berpuasa Menurut Dokter

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Anak-anak yang belum baligh atau mencapai masa pubertas tentu belum diwajibkan berpuasa Ramadan. Akan tetapi, anak-anak perlu mulai diperkenalkan dengan ibadah tersebut, di mana hal itu idealnya bisa mulai dilakukan saat mereka berusia tujuh tahun.

Sebagian orang tua barangkali masih bertanya-tanya, kapan waktu ideal untuk mengajari anak untuk berpuasa. Tentunya, anak perlu belajar mengenal ibadah yang akan dilakukan. Selain itu, perlu juga anak belajar berpuasa. Sejumlah manfaat belajar berpuasa bagi anak, di antaranya menyehatkan tubuh, membuat jadwal makan lebih teratur, dan membuang racun dari dalam tubuh.

Hal itu sebagaimana dijelaskan Dokter Spesialis Anak Desy Dewi Saraswati. Dengan belajar berpuasa, anak belajar menjadi lebih disiplin, bersabar, serta mengendalikan diri. Selain itu, belajar berpuasa juga membantu melembutkan hati sang anak untuk membantu sesama, memupuk jiwa sosial tinggi pada anak, dan yang pasti dapat meningkatkan keimanan kepada Allah Subhanahu wa Ta‘ala.

Supaya tetap optimal beraktivitas di bulan puasa, orang tua pun dianjurkan membuat penyesuaian jadwal tidur anak. Jika biasanya anak tidur pukul 21.00, coba ajak mereka tidur lebih awal seperti pukul 20.00 atau 20.30 selama bulan puasa. Waktu tidur yang lebih awal ini akan membantu membuat anak cenderung lebih mudah dibangunkan saat sahur.

Sementara itu, saat berbuka puasa, siapkan menu takjil yang bisa segera memasok tubuh anak dengan kadar gula. Orang tua bisa memberi si kecil santapan takjil seperti buah segar, manisan buah, donat, kentang, roti, atau kurma. Namun, anak tetap harus mengonsumsi makanan seimbang dengan nutrisi lengkap, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Begitu juga asupan cairan dalam jumlah cukup.

Tak lupa, sediakan menu favorit anak saat berbuka sebagai motivasi belajar berpuasa bagi mereka. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan agar orang tua memberikan variasi makanan dalam hal bentuk, rasa, dan bahan dasarnya.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat