Ini Penyebab Sariawan dan Begini Mengatasinya

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Hampir semua orang pernah mengalami sariawan. Bila sudah terkena maka segala aktivitas yang melibatkan mulut akan terganggu.

Salah satu dokter yang berpraktik di Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya, dr. Syarwani mengungkapkan ada berbagai penyebab yang dapat menyebabkan sariawan terjadi yakni dapat dipicu oleh infeksi jamur dan virus, cedera akibat tergores sikat gigi atau tergigit, hygiene mulut yang buruk dan lain sebagainya.

“Penyebabnya ada banyak, mulai dari infeksi jamur candida albicans atau infeks virus herpes simpleks, tergigit, kurang nutrisi vitamin C, B12, zat besi, zinc, alergi, anemia, sering ganti pasta gigi atau bahkan karena stres,” ujarnya.

Infeksi jamur Candida albicans lebih sering menjadi penyebab utama. Dilansir dari CNNIndonesia, jamur ini akan tumbuh terlalu besar di mulut dan tenggorokan sehingga menyebabkan sariawan.

Sariawan sendiri umumnya tumbuh dengan ukuran kecil, tapi meski kecil namun dapat menimbulkan rasa tak nyaman dan menyakitkan ketika makan, minum, ataupun berbicara.

Meski tanpa diobati, sariawan biasanya akan sembuh sendiri dalam satu minggu hingga dua minggu. Akan tetapi, banyak orang yang tidak tahan dengan rasa perih yang ditimbulkannya. Untuk itu, dr. Syarwani memaparkan beragam cara mudah yang dapat mengatasi sariawan.

Jaga Kebersihan Oral

Sikat gigi perlahan dengan bulu sikat yang lembut, hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan cedera atau luka dalam mulut yang dapat menyebabkan sariawan.

Hindari Makanan Pedas dan Asam

Ketika sariawan muncul, sebaiknya hidnari makanan pedas. Sebab, makanan pedas dan manis akan dapat mengiritasi sariawan dan membuatnya lebih menyakitkan

Berkumur Air Garam

Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menimbulkan efek menenangkan. Larutan air garam menjadikannya obat rumahan umum untuk menuntaskan berbagai masalah mulut. Berkumur-kumur dengan air garam bisa membantu meredakan gejala sariawan. 

Makan yogurt

Yoghurt mengandung bakteri baik meningkatkan kesehatan pencernaan. Bakteri Lactobacillus yang ada di dalam yogurt dinilai mampu menyebar ke dalam tubuh melewati usus sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tak cuma itu, yoghurt tanpa gula ternyata juga membantu mengobati sariawan.

Jika ada tanda-tanda muncul sariawan, coba makan yogurt beberapa kali sehari. Pilih yoghurt tanpa pemanis agar jamur Candida tidak semakin tumbuh subur.

Vitamin C

Vitamin C (juga disebut asam askorbat) diperlukan untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan mendorong produksi sel darah putih, sehingga dapat melindungi tubuh dan melawan berbagai macam infeksi.

“Mengonsumsi cukup vitamin C juga membantu sel-sel bekerja lebih efektif dan melindunginya terhadap molekul berbahaya. Dengan sistem kekebalan yang prima, mempercepat pemulihan keseimbangan tubuh,” tuturnya.

Itulah cara sederhana untuk menghilangkan sariawan tanpa obat yang dapat dicoba. Jangan lupa menerapkan kebersihan mulut dan mulailah mengonsumsi makanan sehat, serta istirahat yang cukup agar terhindar dari stres. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat